Aliran – Aliran Pendidikan “ Perguruan Kebangsaan Taman Siswa dan Ruang Pendidik INS Kayu Tanam | TEORI PENDIDIKAN
MATERI PENDIDIKAN
Aliran– Aliran Pendidikan
“Perguruan Kebangsaan Taman Siswa dan Ruang Pendidik INS Kayu Tanam “
Dua “aliran” pokok pendidikan di Indonesia
Yang dimaksud Dua aliran pokok diIndonesia adalah Perguruan KebangsaanTaman Siswa dan Ruang Pendidikan INSKayu Tanam. Kedua aliran ini dipandang sebagai suatu tonggak pemikiran tentang pendidikan diIndonesia. Secara historis , pendidikan yang melembaga telah dikenal sebelumBelanda menjajah Indonesia.
1. PerguruanKebangsaan Taman Siswa
PerguruanKebangsaan Taman Siswa didirikan oleh Ki Hajar Dewantara , ( Lahir 2 Mei 1889dengan nama Suwardi Suryaningrat ) pada tanggal 3 Juli 1932 di Yogyakarta ,yakni dalam bentuk yayasan , selanjutnya mulai didirikan taman Indira ( Tamankanak-kanak ) dan Kursus Guru , selanjutnya Taman muda ( SD ) , disusul TamanDewasa merangkap Taman Guru ( Mulo-Kweekschool ). Sekarang ini telah dikembangkan sehinggameliputi pula taman Madya , Prasarjana , dan Sarjana sarjana Wiyata. Dengandemikian Taman Siswa telah meliputi semua jenjang persekolahan.
a. Asas dan TujuanTaman Siswa
Perguruan Kebangsaan taman Siswa mempunyaitujuh asas perjuangan untuk menghadapi pemerintah colonial Belanda sertasekaligus untuk mempertahankan kelangsungan hidup bersifat nasional , dandemokrasi. Ketujuh asas tersebut dikenal dengan “asas 1922” , sebagai berikut :
1) Bahwa setiap orang mempunyai hak mengatur dirinyasendiri ( Zelf Besschikkingsrecht ) denganmengingat terbitnya persatuan dalam peri kehidupan umum.
2) Bahwa pengajaran harus memberi pengetahuan yangberfaedah yang dalam arti lahir dan batin dapat memerdekakan diri.
3) Bahwa pengajaran harus berdasar pada kebudayaan dankebangsaan sendiri.
4) Bahwa pengajaran harus tersebar luas sampai dapatmenjangkau kepada seluruh rakyat.
5) Hidup dengan kekuatan sendiri
6) Bahwa sebagai konsekuensi hidup dengan kekuatansendiri maka mutlak harus membelanjai sendiri segala usaha yang dilakukan ( Zelfbegrotings-system ).
7) Berhamba pada anak didik
Dalamperkembangan selanjutnya Taman siswa melengkapi “ Asas 1922” tersebut dengan “ Dasar-dasar 1947 “ yang disebut pula “Panca Dharma “ yaitu :
1. AsasKemerdekaan
2. AsasKodrat Alam
3. AsasKebudayaan
4. AsasKebangsaan
5. AsasKemanusiaan
TujuanPerguruan Kebangsaan Taman Siswa adalah :
Ø Sebagai Badanperjuangan kebudayaan dan pembangunan masyarakat tertib dan damai.
Ø Membangun anakdidik menjadi manusia yang merdeka lahir batin , luhur akal budinya , serta sehatjasmaninya untuk menjadi anggota masyarakat yang berguna dan bertanggung jawabatas keserasian bangsa , tanah air , serta manusia pada umumnya.
b. Upaya-upayapendidikan yang dilakukan Taman siswa
Di lingkunganperguruan , untuk mencapai tujuannya Taman Siswa berusaha dengan jalan sebagaiberkut :
Ø Menyelenggarakantugas pendidikan dalam bentuk perguruan dari tingkat dasar sampai tingkattinggi.
Ø Mengikuti danmempelajari perkembangan dunia di luar Taman Siswa.
Ø Menumbuhkan lingkunganhidup keluraga Taman Siswa , sehingga dapat tampak wujud masyarakat Taman Siswayang dicita-citakan.
Ø Meluaskankehidupan ke Taman Siswa-an di luar lingkungan masyarakat perguruan.
Ø Menjalankankerja pendidikan untuk masyarakat umum dengan dasar-dasar dan hidup Taman Siswa
Ø Menyelenggarakanusaha-usaha kemasyarakatan dalam masyarakat dalam bentuk-bentuk badan social ,Usaha-usaha pembentukan kesatuan hidup kekeluargaan sebagai pola masyarakatbaru Indonesia , usaha pendidikan kader pembangunan.
Ø Mengusahakanterbentuknya pusat – pusat kegiatan kemasyarakatan dalam berbagai bidangkehidupan dan penghidupan masyarakat.
c. Hasil-hasil yangdicapai
Berbagai hal seperti pemikiran tentangpendidikan nasional , lembaga – lembaga pendidikan dari Taman Indria sampaidengan Sarjana Wiyata , dan sejumlah besar alumni perguruan. Ketiga pencapaianitu merupakan pencapaian sebagai suatu yayasan pendidikan.
2. Ruang PendidikINS Kayu Tanam
Ruangpendidik INS ( Indonesia Nederlandsche School ) didirikan oleh Mohammad Sjafei (lahir di Matan , Kalbar tahun 1895 ) pada tanggal 31 Oktober 1926 di Kayu Tanam( Sumatera barat ).
a. Asas dan tujuanRuang Pendidik INS Kayu Tanam
Pada awaldidirikan , Ruang Pendidik INS Kayu Tanam mempunyai asas-asas sebagai berikut :
1) Berpikirlogis dan rasional
2) Keaktifanatau kegiatan
3) Pendidikanmasyarakat
4) Memperhatikanpembawaan anak
5) Menentangintelektualisme
Setelahkemerdekaan Indonesia , Moh. Sjafei mengembangkan asas-asas pendidikan INSmenjadi dasar-dasar pendidikan Republik Indonesia , menjadi sebagai berikut :
Ke-TuhananYang Maha Esa , Kemanusiaan , Kerakyatan , Kebangsaan , Kebangsaan , Gabungan antarapendidikan ilmu umum dan kejuruan , Percaya pada diri sendiri juga pada Tuhan , Berakhlak( bersusila ) setinggi mungkin , Bertanggung jawab akan keselamatan nusa danbangsa , Berjiwa aktif positif , Mempunyai daya cipta , Cerdas , logis dan rasional ,Berperasaan tajam , halus dan estetis ,Gigih atau ulet yang sehat ,Correct atautepat ,Emosional atau terharu ,Jasmani sehat dan kuat ,Cakap berbahasa ,Sangguphidup sederhana , Sanggup mengerjakan sesuatu pekerjaan , Sebanyak mungkinmemakai kebuyaan nasional , Waktu mengajar para guru menjadi objek dan muridsebagai subjek , Para guru mencontohkan pelajaran-pelajarannya , Diusahakan agarpelajar mempunyai darah ksatria , Mempunyai jiwa konsentrasi ,Pemeliharaan(perawatan) sesuatu usaha , Menepati janji , Sebelum pekerjaandimulai dibiasakan menimbangnya dulu sebaik- baiknya , Kewajiban harus dipenuhi , Hemat.
TujuanRuang Pendidik INS kayu Tanam adalah :
1. Mendidikrakyat ke arah kemerdekaan
2. Memberipendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat
3. Mendidikpara pemuda agar berguna untuk masyarakat
4. Menanamkankepercayaan terhadap diri sendiri dan berani bertanggung jawab
5. Mengusahakanmandiri dalam pembiayaan
b. Usaha – usahaRuang Pendidik INS Kayu Tanam
- Memantapkandan menyebarluaskan gagasan – gagasannya tentang pendidikan nasional
- Menyelenggarakanberbagai jenjang pendidikan dan program khusus untuk menjadi guru
- PenerbitanMajalah anak –anak (Sendi) , bukubacaan dalam rangka pemberantasan buta huruf dan angka , mencetak buku – bukupelajaran.
c. Hasil yangdicapai Ruang Pendidik INS Kayu Tanam
Mengupayakan gagasan – gagasan tentangpendidikan nasional (terutama pendidikan keterampilan / kerajinan) , beberaparuang pendidikan ( jenjang persekolahan ) , dan sejumlah alumni.
Belum ada Komentar untuk "Aliran – Aliran Pendidikan “ Perguruan Kebangsaan Taman Siswa dan Ruang Pendidik INS Kayu Tanam | TEORI PENDIDIKAN"
Posting Komentar