CARA MENGUBAH KURIKULUM 2013 KE KURIKULUM KTSP DI APLIKASI DAPODIK 2018.b


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Peluncuran Aplikasi Dapodik 2018.b bersamaan dengan pelaksanaan Ujian Nasional Simulasi 2, untuk operator sekolah yang ditunjuk sebagai proktor oleh kepala sekolah di tempat mereka bekerja wajib ekstra kerja keras untuk menjalani pekerjaan ini. 

Saya sebagai Operator yang ditunjuk sebagai proktor oleh kepala sekolah di tempat saya mengajar masih meninggalkan tugas Dapodik ini, karena untuk jenjang SMK pelaksanaan ujian simulasi tahap 2 dimulai dari tanggal 31 Januari 2018 sampai dengan 01 Februari 2018. Untungnya simulasi tahap kedua hanya dilaksanakan selama 2 hari dan untuk dapodik masih belum ada batas tenggang waktu sinkronisasi.

Kali ini saya sebagai Operator yang baik dan tidak sombong. he...!! akan berbagi kepada anda semua sebagai Operator yang baru dalam menjelajahi Dapodik, pastinya sebagai seorang pemula banyak yang masih kurang paham dalam pengisian dalam dapodik tersebut.

Dapodik aplikasi yang sangat keren karena Aplikasi ini sudah masuk beberapa website pemerintah yang mana sudah tergabung mulai dari PIP, BOS, Rapot, NISN, VervalPd, VervalPTK, dll. saya harap pemerintah untuk lebih fokus ke aplikasi ini saja daripada banyak aplikasi tetapi tidak 100% berjalan dengan baik. Jika Pemerintah memfokuskan ke Aplikasi dapodik pastinya operator tidak akan kewalahan. Jujur saya sebagai operator masih bingung dengan adanya beberapa aplikasi dan web lainnya yang di bangun oleh pemerintah, seperti PMP, E-Rapot, dll, mending 1 Aplikasi dapodik menurut saya sudah cukup. Maaf jika menyinggung sedikit, karena operator disini cuma kuli dan tidak ada harganya sama sekali.

Ok.. Langsung ke Topik pembahasan saja. Kali ini saya akan membagikan kepada anda semua mengenai bagaimana sih untuk mengubah kurikulum yang terindek kurikulum 2013 padahal yang kita seting di dapodik 2018.a menggukan kurikulum KTSP.

Mungkin anda bisa simak pembahasan dibawah ini mengenai Kurikulum yang berubah dari KTSP ke Kurikulum 2013.


Pada aplikasi versi 2018.b ini semua satuan pendidikan di semua jenjang diberikan kebebasan dalam memilih kurikulum sesuai dengan yang berlaku di masing - masing satuan pendidikan. 

Untuk mengubah kurikulum, lakukan perbaikan pada kolom kurikulum yang terdapat di tabulasi rombongan belajar. Sebagai contoh saya menggunakan jenjang SMA. Untuk mengganti dari kurikulum 2013 ke KTSP, pastikan Program Pengajaran Satuan Pendidikan dipilih sesuai yang diinginkan, lalu pilih KTSP pada isian kurikulum.

Panduan Dapodik 2018.b

PAnduan Dapodik 2018.b
Catatan: Pemilihan kurikulum di semester ini akan berhubungan dengan pemilihan kurikulum di semester selanjutnya. Jika di semester genap ini dipilih kurikulum 2013, maka semester selanjutnya pengguna tidak bisa memilih KTSP.

Nah, bagaimana, sudah mengerti belum, jika masih kurang mengerti anda bisa menghubungi saya melalui Whatsapp ke Nomor yang sudah saya sertakan di menu kontak. Sekian dari saya semoga artikel ini bisa membantu teman teman operator, website ini akan tidak ada yang membahas mengenai artikel yang tidak bermanfaat, semua isi artikel kebanyakan sudah di uji coba oleh admin sendiri. terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sumber https://www.aplimuvie.com/

Belum ada Komentar untuk "CARA MENGUBAH KURIKULUM 2013 KE KURIKULUM KTSP DI APLIKASI DAPODIK 2018.b"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel