MAKALAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN I Matematika | TEORI PENDIDIKAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN I
Mata Pelajaran: Matematika
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas / Semester : IV / II
Alokasi Waktu: 2 x 35 menit ( 2 pertemuan )
Materi Pokok : Sifat dan Bangun Unsur Bangun Ruang
A.Standar Kompetensi
eometri dan pengukuran
- Memahami sifat-sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antara bangun datar
B.Kompetensi Dasar
Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana.
C.Indikator
Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus.
D.Fokus Tindakan
Proses dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus melalui langkah STAD.
E.Langkah-langkah Pembelajaran
Fase Perencanaan
a.Membuat Rencana Pembelajaran sesuai dengan fokus tindakan kesatu.
b.Menyediakan alat peraga dan LKS.
c.Menyiapkan soal test.
Fase Penyajian
Menyajikan materi pelajaran tentang sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus secara klasikal.
Fase Pembagian Kelompok
a.Mengorganisasi siswa dalam kelompok
b.Mengatur kelompok berdasarkan kemampuan siswa
c.Memberi nama setiap kelompok dengan sebutan BUNGA ( 1 , 2 , 3 , 4 , dan 5)
d. Berkeliling membantu kelompok menyelesaikan pekerjaan.
Fase Kegiatan Kelompok
a.Ketua kelompok membagi tugas yang harus dikerjakan oleh setiap anggota , kadar soal yang dibagikan disesuaikan dengan tingkatan masing-masing.
b.Anggota kelompok yang lebih dulu memahami , menjelaskan kepada teman sekelompoknya hingga semua anggota dapat memahami.
c.Siswa melakukan diskusi kelompok sebelum melaporkan hasil kerja kelompoknya.
d. Setiap kelompok melaporkan hasil kerja kelompoknya oleh pelapor.
Fase Pengumpulan Hasil Test
a.Setiap kelompok mengumpulkan hasil kerja kelompoknya.
b.Memberi skor pada setiap kelompok.
6. Fase Pemberian Penghargaan
Guru mengumumkan skor hasil kerja kelompok dengan tingkat penghargaan yaitu : Good Team , Great Team , dan Super Team.
F. Materi Pelajaran
Pengertian bangun ruang balok dan kubus.
Balok terdiri dari 8 titik sudut , 4 pasang garis sama panjang dan 3 pasang sisi yang sama.
Jika semua rusuk balok sama panjang maka disebut kubus ( tapi tidak semua balok kubus).
Sifat-sifat Bangun Ruang Balok
Sisi berbentuk persegi panjang.
Semua sisi yang berhadapan mempunya bentuk dan ukuran yang sama.
Hubungkan BC , FG , EH , dan AD.
AD dengan garis putus-putus.
> Panjang Balok = AB = EF = CD = GH
> Lebar Balok = BC = AD = FG = EH
> Tinggi Balok = AE = BF = CG = DH
G.Metode Pelajaran
Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu : ceramah , diskusi , tanya jawab , demonstrasi dan pemberian tugas.
H.Alat Pelajaran
Alat / media pelajaran yang digunakan :
- Alat peraga yang terbuat dari karton manila
- Alat peraga dari kawat ( model balok dan kubus )
- Alat peraga dari KIT Matematika bangun ruang balok dan kubus
I. Sumber / bahan yang digunakan :
- KTSP Kelas IV tahun 2006.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar , Penerbit Kelompok Kerja Pengawas TK/SD.
- Suparjo , 2004. Gemar Belajar Matematika 4 hal. 137 (Tiga Serangkai)
- Nur Akhsin , Heni K. , tahun 2004.
Matematika Kelas 4 sekolah Dasar , hal. 224 (Cempaka Putih).
J. Jenis Penilaian
1. Prosedur test : Pre-test dan Post-test
2. Jenis test: Tulisan
Langkaplancar , 14 Mei 2008
Peneliti
Enok Ratna K
Lampiran 12
HASIL OBSERVASI KELOMPOK
MODEL COOPERATIVE LEARNING JENIS STAD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG BALOK DAN KUBUS
TINDAKAN II
NAMA SD : SDN 2 Bojongkondang
KELAS: IV (Empat)
No
INDIKATOR YANG DINILAI
NAMA KELOMPOK "BUNGA"
KET
1.
1
2
3
4
5
Komunikasi antar Anggota
Kemampuan menjelaskan
b. Membuat ringkasan
c. Menerima balikan
d. Menginventarisasi
e. memecahkan masalah
Jumlah
a-rata
2.
Saling Ketergantungan Positif
. Percaya diri
b. Memberi dukungan
c. Menghargai pekerjaan masing-masing
d. menerima adanya perbedaan satu sama lain
e. Mengembangkan rasa simpati satu sama lain
Jumlah
Rata-rata
3.
Evaluasi Proses kelompok
Kekompakan
b. Saling membantu dalam mengutarakan pendapat
Kerja sama antar anggota
d. Kerukunan antar anggota
e.mendukung pada ketua
Jumlah
Rata-rata
enilaian = jumlah nilai X 10
75
Langkaplancar , 18 Mei 2008
Skor = 1-5 , nilai maksimal 10 Observer
Keterangan
9 - 10 = Sangat Baik (SB)
7 - 8 = Baik ( B )
5 - 6 = Cukup ( C )
3 - 4 = Kurang ( K )Supenar , A.Ma
1 - 2 = Sangat Kurang (SK) NIP: 131318280
Lampiran 13
HASIL OBSERVASI INDIVIDUAL DALAM KELOMPOK
MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG BALOK DAN KUBUS
TINDAKAN II
NAMA SD : SDN 2 Bojongkondang
KELAS: IV (Empat)
Nomor
Nama Siswa
I n d i k a t o r
Jml
Indktr
Nilai Rt-rt
Tanggung Jawab Perorangan
Tatap Muka
Klp
Induk
1
2
3
4
5
Jml
6
7
8
9
10
Jml
Eli
5
Anra
Noma
Ipan
ara
Rata-rata
Penilaian = jumlah nilai X 10
75
Langkaplancar , 18 Mei 2008
Skor = 1-5 , nilai maksimal 10 Observer
Keterangan
9 - 10 = Sangat Baik (SB)
7 - 8 = Baik ( B )
5 - 6 = Cukup ( C )
3 - 4 = Kurang ( K )Supenar , A.Ma
1 - 2 = Sangat Kurang (SK) NIP: 131318280
Lampiran 10
pHASIL OBSERVASI RENCANA PEMBELAJARAN
TINDAKAN II
Nilai Maksimal Setiap Deskriptor 25
NO
ASPEK
DESKRIPTOR
NILAI
REKOMENDASI
RATA-RATA
1
Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan
a. Menentukan Standar kompetensi , sesuai dengan bidang studi
b. Indikator sesuai dengan Kompetensi Dasar
c. Langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan Kompetensi Dasar
d. Materi sesuai dengan Standar Kompetensi , Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahan Pembelajaran
a. encantumkan materi pembelajaran
b.Materi tersusun sistematis
c.Bahan ajar dimulai dari yang mudah ke yang sukar
d.Menyiapkan materi dengan jelas
3
Strategi Pembelajaran
e.Menerapkan model , metode , dan langkah pembelajaran yang sesuai dengan Indikator dan Kompetensi Dasar
f. Mengorganisir pembelajaran aktif , kreatif , menyenangkan dan bermakna
g.Alokasi waktu fase pembelajaran realistis dan profesional
h.Menata tempat duduk setiap kelompok belajar
4
Mdia dan Sumber
.Mencantumkan alat , media dan sumber belajar sesuai dengan Indikator
b.Media sesuai dengan konsep yang dibahas
c.Mempertimbangkan prinsif kederhanaan ekonomis dan realistis
d.LKS memenuhi syarat didaktik , konstruksi , dan teknis
5
Evaluasi
a.Mencantumkan jenis penilaian
b.Menetapkan prosedur , bentuk jenis dan skala penilaian sesuai dengan serta kunci jawaban
c.Alokasi waktu dan pelaksanaan dirancang secara proporsional
d.Instrumen penelitian sesuai dengan Kompetensi Dasar dan Indikator
Jumlah Nilai Aspek
Langkaplancar , 18 Mei 2008
Observer
PERNYATAAN
Dengan ini saya mengatakan bahwa skripsi dengan judul “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Sifat-sifat Bangun Ruang Balok dan Kubus Melalui Model Cooperative Learning Tipe STAD” ini beserta seluruh isinya benar-benar karya sendiri dan tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika yang berlaku dalam masyarakat keilmuan.
Dengan pernyataan ini , saya siap menaggung resiko/sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila kemudian ditemukan pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam karya tulis saya ini , atau ada klaim dari pihak lain trhadap keaslian karya tulis saya ini
kaplancar , Juli 2008
Yang Membuat Pernyataan ,
ok Ratna K
NIM: 0601487
DAFTAR TABEL
2.1 Kesinambungan antara Kurikulum , Siswa ,
Guru dan Pembelajaran......................................................................10
2.2 Langkah-langkah Pembelajaran Model
Cooperative Learning Tipe STAD..................................................... 15
3.1 Desain PTK Model Kemmis Taggart................................................. 22
3.2 data dan Teknik Pengumpulan Data................................................... 26
4.1 Keadaan Siswa Kelas IV SDN 2 Bojongkondang.............................. 29
4.2 Hasil Ulangan Umum Akhir Semester I............................................. 29
4.3 klasifikasi Peringkat Siswa Kelas IV SDN 2 Bojongkondang........... 30
4.4 Klasifikasi Siswa Aktif Berdasarkan Kelompok................................ 31
4.5 Rincian Waktu Pelaksanaan Pembelajaran......................................... 32
4.6 Nilai Pre-test Siswa Tindakan I.......................................................... 35
4.7 Nilai Hasil Kerja Kelompok Tindakan I............................................ 39
4.8 Nilai Pos-test Siswa Tindakan I......................................................... 42
4.9 Nilai hasil Kerja Kelompok Tindakan II............................................1
4.10 Nilai Post-test Siswa Tindakan II........................................................ 52
4.11 Perbandingan Nilai Pre-test dan Nilai Post-test pada Tindakan I
dan Tindakan II.................................................................................... 5
Daftar Lampiran
1.SK Keputusan Dosen Pembimbing........................................................... 61
2.Surat Izin Permohonan Penelitian............................................................. 62
3.Surat keterangan Melaksnakan penelitian................................................. 63
4.Rencana Pelaksanaan Pembelajaan Tindakan I......................................... 64
5.Hasil Observasi Pembelajaran Tindakan I................................................. 72
6.Hasil Observasi Pelaksanaan Pembelajaran Tindakan I............................. 73
7.Hasil Observasi Kelompok Tindakan I...................................................... 74
8.Hasil Observasi Individual dalam Kelompok............................................ 75
9.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tindakan II...................................... 76
10 Hasil Observasi Rencana Pembelajaran Tindakan II................................. 83
11 Hasil Observasi Pelaksanaan Pembelajaran Tindakan II........................... 84
12. Hasil Observasi Kelompok Tindakan II.................................................... 85
13. Hasil Observasi Individual Dalam Kelompok........................................... 86
14. Hasil Pre-test dan Posst-test Siswa Tindakan I......................................... 87
15. Hasil Post-test Siswa Tindakan II............................................................. 88
Belum ada Komentar untuk "MAKALAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN I Matematika | TEORI PENDIDIKAN"
Posting Komentar