MAKALAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN I Matematika | TEORI PENDIDIKAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN I
Mata Pelajaran: Matematika

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar

Kelas / Semester : IV / II

Alokasi Waktu: 2 x 35 menit ( 2 pertemuan )

Materi Pokok : Sifat dan Bangun Unsur Bangun Ruang


A.Standar Kompetensi

eometri dan pengukuran

- Memahami sifat-sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antara bangun datar

B.Kompetensi Dasar

Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana.

C.Indikator

Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus.

D.Fokus Tindakan

Proses dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus melalui langkah STAD.

E.Langkah-langkah Pembelajaran
Fase Perencanaan

a.Membuat Rencana Pembelajaran sesuai dengan fokus tindakan kesatu.

b.Menyediakan alat peraga dan LKS.

c.Menyiapkan soal test.
Fase Penyajian

Menyajikan materi pelajaran tentang sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus secara klasikal.
Fase Pembagian Kelompok

a.Mengorganisasi siswa dalam kelompok

b.Mengatur kelompok berdasarkan kemampuan siswa

c.Memberi nama setiap kelompok dengan sebutan BUNGA ( 1 , 2 , 3 , 4 , dan 5)

d. Berkeliling membantu kelompok menyelesaikan pekerjaan.
Fase Kegiatan Kelompok

a.Ketua kelompok membagi tugas yang harus dikerjakan oleh setiap anggota , kadar soal yang dibagikan disesuaikan dengan tingkatan masing-masing.

b.Anggota kelompok yang lebih dulu memahami , menjelaskan kepada teman sekelompoknya hingga semua anggota dapat memahami.

c.Siswa melakukan diskusi kelompok sebelum melaporkan hasil kerja kelompoknya.

d. Setiap kelompok melaporkan hasil kerja kelompoknya oleh pelapor.
Fase Pengumpulan Hasil Test

a.Setiap kelompok mengumpulkan hasil kerja kelompoknya.

b.Memberi skor pada setiap kelompok.

6. Fase Pemberian Penghargaan

Guru mengumumkan skor hasil kerja kelompok dengan tingkat penghargaan yaitu : Good Team , Great Team , dan Super Team.

F. Materi Pelajaran
Pengertian bangun ruang balok dan kubus.

Balok terdiri dari 8 titik sudut , 4 pasang garis sama panjang dan 3 pasang sisi yang sama.

Jika semua rusuk balok sama panjang maka disebut kubus ( tapi tidak semua balok kubus).
Sifat-sifat Bangun Ruang Balok

Sisi berbentuk persegi panjang.

Semua sisi yang berhadapan mempunya bentuk dan ukuran yang sama.

Hubungkan BC , FG , EH , dan AD.

AD dengan garis putus-putus.

> Panjang Balok = AB = EF = CD = GH

> Lebar Balok = BC = AD = FG = EH

> Tinggi Balok = AE = BF = CG = DH

G.Metode Pelajaran

Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu : ceramah , diskusi , tanya jawab , demonstrasi dan pemberian tugas.

H.Alat Pelajaran

Alat / media pelajaran yang digunakan :

- Alat peraga yang terbuat dari karton manila

- Alat peraga dari kawat ( model balok dan kubus )

- Alat peraga dari KIT Matematika bangun ruang balok dan kubus

I. Sumber / bahan yang digunakan :

- KTSP Kelas IV tahun 2006.

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar , Penerbit Kelompok Kerja Pengawas TK/SD.

- Suparjo , 2004. Gemar Belajar Matematika 4 hal. 137 (Tiga Serangkai)

- Nur Akhsin , Heni K. , tahun 2004.

Matematika Kelas 4 sekolah Dasar , hal. 224 (Cempaka Putih).

J. Jenis Penilaian

1. Prosedur test : Pre-test dan Post-test

2. Jenis test: Tulisan

Langkaplancar , 14 Mei 2008

Peneliti

Enok Ratna K

Lampiran 12

HASIL OBSERVASI KELOMPOK

MODEL COOPERATIVE LEARNING JENIS STAD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG BALOK DAN KUBUS

TINDAKAN II
NAMA SD : SDN 2 Bojongkondang

KELAS: IV (Empat)

No

INDIKATOR YANG DINILAI

NAMA KELOMPOK "BUNGA"

KET

1.

1

2

3

4

5

Komunikasi antar Anggota

 Kemampuan menjelaskan

b. Membuat ringkasan

c. Menerima balikan

d. Menginventarisasi

e. memecahkan masalah

Jumlah
a-rata

2.

Saling Ketergantungan Positif


. Percaya diri

b. Memberi dukungan
c. Menghargai pekerjaan masing-masing

d. menerima adanya perbedaan satu sama lain

e. Mengembangkan rasa simpati satu sama lain

Jumlah


Rata-rata

3.
Evaluasi Proses kelompok

 Kekompakan

b. Saling membantu dalam mengutarakan pendapat

Kerja sama antar anggota

d. Kerukunan antar anggota

e.mendukung pada ketua


Jumlah

Rata-rata
enilaian = jumlah nilai X 10

75

Langkaplancar , 18 Mei 2008

Skor = 1-5 , nilai maksimal 10 Observer

Keterangan

9 - 10 = Sangat Baik (SB)

7 - 8 = Baik ( B )

5 - 6 = Cukup ( C )

3 - 4 = Kurang ( K )Supenar , A.Ma

1 - 2 = Sangat Kurang (SK) NIP: 131318280

Lampiran 13

HASIL OBSERVASI INDIVIDUAL DALAM KELOMPOK

MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG BALOK DAN KUBUS

TINDAKAN II

NAMA SD : SDN 2 Bojongkondang

KELAS: IV (Empat)

Nomor

Nama Siswa

I n d i k a t o r

Jml

Indktr

Nilai Rt-rt
Tanggung Jawab Perorangan

Tatap Muka


Klp

Induk

1

2

3

4

5

Jml

6

7

8

9

10

Jml

Eli


5

Anra

Noma

Ipan
ara

Rata-rata


Penilaian = jumlah nilai X 10

75

Langkaplancar , 18 Mei 2008

Skor = 1-5 , nilai maksimal 10 Observer

Keterangan

9 - 10 = Sangat Baik (SB)

7 - 8 = Baik ( B )

5 - 6 = Cukup ( C )

3 - 4 = Kurang ( K )Supenar , A.Ma

1 - 2 = Sangat Kurang (SK) NIP: 131318280

Lampiran 10

pHASIL OBSERVASI RENCANA PEMBELAJARAN

TINDAKAN II

Nilai Maksimal Setiap Deskriptor 25

NO

ASPEK

DESKRIPTOR

NILAI

REKOMENDASI

RATA-RATA


1

Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan

a. Menentukan Standar kompetensi , sesuai dengan bidang studi

b. Indikator sesuai dengan Kompetensi Dasar

c. Langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan Kompetensi Dasar

d. Materi sesuai dengan Standar Kompetensi , Kompetensi Dasar dan Indikator


Bahan Pembelajaran

a. encantumkan materi pembelajaran

b.Materi tersusun sistematis

c.Bahan ajar dimulai dari yang mudah ke yang sukar

d.Menyiapkan materi dengan jelas

3

Strategi Pembelajaran

e.Menerapkan model , metode , dan langkah pembelajaran yang sesuai dengan Indikator dan Kompetensi Dasar

f. Mengorganisir pembelajaran aktif , kreatif , menyenangkan dan bermakna

g.Alokasi waktu fase pembelajaran realistis dan profesional

h.Menata tempat duduk setiap kelompok belajar
4

Mdia dan Sumber

.Mencantumkan alat , media dan sumber belajar sesuai dengan Indikator

b.Media sesuai dengan konsep yang dibahas

c.Mempertimbangkan prinsif kederhanaan ekonomis dan realistis

d.LKS memenuhi syarat didaktik , konstruksi , dan teknis
5

Evaluasi

a.Mencantumkan jenis penilaian

b.Menetapkan prosedur , bentuk jenis dan skala penilaian sesuai dengan serta kunci jawaban

c.Alokasi waktu dan pelaksanaan dirancang secara proporsional

d.Instrumen penelitian sesuai dengan Kompetensi Dasar dan Indikator

Jumlah Nilai Aspek

Langkaplancar , 18 Mei 2008

Observer

PERNYATAAN
Dengan ini saya mengatakan bahwa skripsi dengan judul “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Sifat-sifat Bangun Ruang Balok dan Kubus Melalui Model Cooperative Learning Tipe STAD” ini beserta seluruh isinya benar-benar karya sendiri dan tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika yang berlaku dalam masyarakat keilmuan.

Dengan pernyataan ini , saya siap menaggung resiko/sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila kemudian ditemukan pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam karya tulis saya ini , atau ada klaim dari pihak lain trhadap keaslian karya tulis saya ini
kaplancar , Juli 2008

Yang Membuat Pernyataan ,
ok Ratna K

NIM: 0601487

DAFTAR TABEL


2.1 Kesinambungan antara Kurikulum , Siswa ,

Guru dan Pembelajaran......................................................................10

2.2 Langkah-langkah Pembelajaran Model

Cooperative Learning Tipe STAD..................................................... 15



3.1 Desain PTK Model Kemmis Taggart................................................. 22

3.2 data dan Teknik Pengumpulan Data................................................... 26

4.1 Keadaan Siswa Kelas IV SDN 2 Bojongkondang.............................. 29

4.2 Hasil Ulangan Umum Akhir Semester I............................................. 29

4.3 klasifikasi Peringkat Siswa Kelas IV SDN 2 Bojongkondang........... 30

4.4 Klasifikasi Siswa Aktif Berdasarkan Kelompok................................ 31

4.5 Rincian Waktu Pelaksanaan Pembelajaran......................................... 32

4.6 Nilai Pre-test Siswa Tindakan I.......................................................... 35

4.7 Nilai Hasil Kerja Kelompok Tindakan I............................................ 39

4.8 Nilai Pos-test Siswa Tindakan I......................................................... 42

4.9 Nilai hasil Kerja Kelompok Tindakan II............................................1

4.10 Nilai Post-test Siswa Tindakan II........................................................ 52

4.11 Perbandingan Nilai Pre-test dan Nilai Post-test pada Tindakan I

dan Tindakan II.................................................................................... 5





Daftar Lampiran





1.SK Keputusan Dosen Pembimbing........................................................... 61

2.Surat Izin Permohonan Penelitian............................................................. 62

3.Surat keterangan Melaksnakan penelitian................................................. 63

4.Rencana Pelaksanaan Pembelajaan Tindakan I......................................... 64

5.Hasil Observasi Pembelajaran Tindakan I................................................. 72

6.Hasil Observasi Pelaksanaan Pembelajaran Tindakan I............................. 73

7.Hasil Observasi Kelompok Tindakan I...................................................... 74

8.Hasil Observasi Individual dalam Kelompok............................................ 75

9.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tindakan II...................................... 76

10 Hasil Observasi Rencana Pembelajaran Tindakan II................................. 83

11 Hasil Observasi Pelaksanaan Pembelajaran Tindakan II........................... 84

12. Hasil Observasi Kelompok Tindakan II.................................................... 85

13. Hasil Observasi Individual Dalam Kelompok........................................... 86

14. Hasil Pre-test dan Posst-test Siswa Tindakan I......................................... 87

15. Hasil Post-test Siswa Tindakan II............................................................. 88

Belum ada Komentar untuk "MAKALAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN I Matematika | TEORI PENDIDIKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel