5 Tips Mengelola Kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013 di Simpatika

Berdasarkan Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3525 Tahun 2017 tentang Madrasah Penyelenggara Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2017/2018, Maka mengharuskan Madrasah  mengubah kurikulum di Simpatika  Semula dari Kurikulum KTSP ke Kurikulum  2013.

 Berdasarkan Keputusan Dirjen Pendis Nomor  5 Tips Mengelola Kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013 di Simpatika
Perunbahan Kurikulum KTSP Ke Kurikulum 2013

Bergantinya Kurikulum dari KTSP ke Kurikulum 2013 maka setiap madrasah perlu melakukan perubahan dalam mengisi jadwal sesuia dengan aturan Kurikulum 2013. Nah beginilah Tips atau cara merubahnya.

Berikut adalah 5 cara merubah Kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013 di Simpatika.

1. Kanwil mengaktifkan Fitur Kurikulum 2013

Fitur atau menu Kurikulum 2013 dapat dirubah setelah pihak dari Kanwil mengaktifkan fitur tersebut. Hanya Pihak kanwil yang dapat melakukan pengaktifan fitur Kurikulum 2013. Dengan kata lain jika kanwil sudah mengaktifkan fitur tersebut maka fitur tersebut sudah ada dan tinggal kita setting.

Pihak Kanwil mengaktifkan fitur tersebut berdasarkan Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3525 Tahun 2017. Sehingga Nama Madrasah yang tertera dalam lampiran Surat Keputusan dapat masuk ke akun simpatika dan mengecek apakah fitur tersebut sudah aktif. Jika sudah maka tinggal mengelola kurikulumnya. Bagi madrasah yang tidak tercantum dalam SK maka menu tersebut tidak ada.

2. Simpanlah Jadwal Mengajar pada Semester yang lalu.

Perlu diingat dalan merubah Kurikulum sayaa sarankan jangan  terburu - buru , tetap tenang dan teliti.

Langkah yang perlu dilakukan yaitu menyimpan jadwal mengajar pada semester yang lalu. Simpanlah semua jadwal mingguan di Simpatika pada semester sebelumnya, teruntuk kelas yang mengalami perubahan kurikulum. Simpanlah dalam bentuk file PDF atau yang lainnya agar mempunyai arsip dokumen.

3. Lakukan perubahan Kuriklum KTSP ke Kurikulum 2013

Lakukan setting kurikulum merubah dari Kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013. Madrasah yang tertera di Surat Keptusan Nomor 3525 Tahun 2017 maka harus melakukan perubahan. Perlu digaris bawahi yang perlu di Setting menjadi Kurikulum 2013 Yaitu kelas 1 dan 4 (Madrasah Ibtidaiyah), kelas 7 (Madrasah Tsanawiyah), dan kelas 10 (Madrasah Aliyah). Sedangkan tingkat kelas lainnya tetap menggunakan KTSP.

Cara merubah Kurikulum KTSP Ke Kurikulum 2013 Sangat mudah, begini caranya :

1 Login ke layanan Simpatika dengan akun madrasah (Kepala Madrasah atau Operator)
2 Klik menu "Sekolah"
3 Klik sub menu (di sebelah kiri) "Jadwal"
4 Klik "Kelola Kurikulum Tingkat" yang ada di sebelah kanan halaman
5 Akan muncul jendela 'Kelola Kurikulum', klik jenis kurikulum yang digunakan di setiap kelas.
6 Klik "Simpan"
7 Saat muncul jendela 'korfirmasi', klik "Ya".
8 Selesai
9 Anda telah sukses merubah Kurikulum

4. Sesuaikan Mata Pelajaran (Singkronisasi)

Setelah melakukan perubahan kurikulum maka langkah selanjutnya yaitu menyelaraskan mata pelajaran. saya sarankan  anda semua untuk tetap fokus dan teliti. Caranya cukup mudah anda tinggal praktek denga mengikuti tips dibawah ini.

1 Login ke layanan Simpatika dengan akun madrasah (Kepala Madrasah atau Operator)
2 Klik menu "Sekolah"
3 Klik sub menu (di sebelah kiri) "Kurikulum"
4 Klik "Daftar Mata Pelajaran"
5 Pilih Kurikulum 2013
6 Klik "Sinkron Data" (logo panah dua berlawanan)
7 Pilih tingkat kelas yang mapelnya akan disinkronkan
8 Klik "Lanjut"
9 Klik "Simpan"

Taraaa, mudah bukan ??

Jika ada muatan lokal maka tambahkanlah muatan lokal yang ada.,

Catatan
Untuk Madrasah Aliyah, jika sebelumnya (saat KTSP) di kelas 10 belum ada penjurusan (kompetensi) tetapi ketika berubah ke Kurikulum 2013 penjurusannya dimulai dari kelas 10, maka perlu melakukan pengaturan kompetensi madrasah sebelum melakukan sinkronisasi mata pelajaran.

Cara melakukan set kompetensi madrasah adalah dengan mengklik menu "Sekolah" >> "Profil" >> "Daftar Kompetensi". Muncul daftar penjurusan (kompetensi) di madrasah tersebut. Pilih yang diperlukan (semisal kompetensi Ilmu-Ilmu Sosial) dan klik tanda segitiga di ujung kanan, lalu pilih "Edit Kompetensi". Setelahnya klik pada lingkaran di depan kelas di mana kompetensi tersebut dimulai (semisal kelas 10), dan klik "Simpan".

Lalu klik submenu "Kelas" >> "Daftar Kelas" >> Klik segitiga di ujung kanan nama kelas >> "Edit Kelas". Pada kolom "Kompetensi Keahlian" lakukan perubahan yang semua umum menjadi kompetensi yang diinginkan. Kemudian simpan.

5. Pengisian Jadwal Pelajaran.

Setelah semuanya dilakuan maka tips selanjutnya yaitu mengisi jadwa pelajaran. Pengisian jadwal pelajaran langkahnya seperti biasanya namun perlu diperhatikan Struktur Kurikulum dan Alokasi waktu harus sesuai  dengan aturan Kurikulum 2013.

Itulah Tips sederhana berdasarkan pengalaman pribadi, semoga coretan yang keluar dari pikiran ini dapat berguna dan membantu kita, cukup sekian semoga bermanfaat. terima kasih.




Sumber https://www.emissimpatikazone.com/

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Mengelola Kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013 di Simpatika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel