CONTOH MAKALAH PENGELOLAAN PENDIDIKAN | TEORI PENDIDIKAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Taman kanak – kanak Diah Pitaloka sudah berdiri sejak tanggal 1 juli 1981. Jadi TK Diah pitaloka sudah ada selama 20 tahun. Taman kanak – kanak Diah Pitaloka beralamat di dusun karangsari desa sidamulih , kecamatan sidamulih kabupaten ciamis.
Adapun visi dan misi dari TK Diah pitaloka adalah sebagai berikut :
Visi :
Memiliki ilmu pengetahuan disertai iman dan takwa sebagai pondasi dalam bersikap.
Misi :
Ø Mewujudkan peningkatan kualitas tamatan.
Ø Membentuk generasi yang cerdas , kreatif , berfikir logis , dan trampil.
Ø Meningkatkan semangat berkarya yang dilandasi dengan kekeluargaan dan keteladanan.
B. Tujuan Penulisan
Tujuan dibuatnya makalah ini sebagai berikut :
Ø Untuk memenuhi tugas individu pada mata kuliah Pengelolaan Pendidikan.
Ø Untuk memberikan pengalaman langsung kepada para mahasiswa untuk melakukan observasi di daerahnya masing - masing.
BAB II
Pengelolaan Pendidikan di TK Diah Pitaloka
Kecamatan Sidamulih Kabupaten Ciamis
. Pengelolaan Kepemimpinan di TK Diah Pitaloka
Cara kepemimpinan yang di terapkan di TK Diah Pitaloka oleh kepala sekolah adalah kepemimpinan demokratis. Dimana kepemimpinan demokratis ini sangat terbuka , jadi setiap hal atau saran yang ingin di sampikan atau diutarakan kepada kepala sekolah , beliau dengan bijak akan menerima dan menampung serta memikirkan saran tersebut. Begitu terbukanya sehingga hubungan antara kepala sekolah dengan guru yang lain berjalan dengan harmonis , tanpa ada sekat pembatas tapi tetap tidak mengurangi wibawa dari kepala sekolah.
B. Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran di TK Diah Pitaloka
Taman kanak – kanak Diah Pitaloka menggunakan kurikulum 2004 atau sering disebut kurikulum KBK. Di TK ini masih belum menggunakan kurikulum KTSP , karena belum ada sosialisasi tentang kurikulum tersebut. Rencananya pengsosialisasian akan dilakukan langsung oleh kepala TK negeri yang ada di daerah tersebut , yang akan dijadikan induk untuk TK lain yang ada di wilayah Pangandaran. Namun karena berhubung TK Negeri sendiri masih dalam tahap pembangunan , maka untuk sementara waktu semua TK yang ada di Pangandaran masih menggunakan kurikulum KBK atau kurikulum 2004 , sampai TK induk benar – benar telah selesai.
Dan untuk pembuatan program semester , satuan kegiatan mingguan (SKM) , dan satuan kegiatan harian (SKH) pun di buat oleh masing – masing taman kanak – kanak di setiap daerah yang merujuk pada kurikulum yang sedang berlaku pada saat itu.
C. Pengelolaan Peserta Didik di TK Diah Pitaloka
Setiap awal tahun ajaran , TK Diah Pitaloka membuka penerimaan siswa baru , yang akan bersekolah di TK tersebut. Adapun beberapa factor yang diperhatikan adalah sebagai berikut :
ü Memperhatikan usia , pada umumnya anak mulai masuk TK adalah antara usia 3 – 5 tahun.
ü Setiap kelas dibatasi , jadi dalam satu kelas diharapkan tidak terlalu banyak siswanya , sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.
ü Pada dasarnya tidak ada criteria khusus untuk seorang anak dalam menguasai suatu keterampilan , agar dia bisa masuk TK.
ü Tidak diadakan testing , jadi semua anak yang mendaftar masuk TK tersebut tidak akan diberi tes – tes khusus.
Dalam pembinaan siswanya , selain kegiatan belajar mengajar seperti biasanya yang diadakan rutin setiap harinya , di TK ini juga mengadakan ekstra kulikuler renang , yang biasanya berada pada jam pelajaran , dan dilakukan setiap 1 bulan 2 kali dan jatuh pada hari sabtu.
D. Pengelolaan Personil
Di TK Diah Pitaloka mempunyai 1 orang kepala sekolah dan 1 orang guru kelas.. mereka secara bersama – sama mengelola TK , adapun dalam pembagian tugas , diantaranya adalah 1 orang memegang 1 kelas.
Latar belakang pendidikan guru di TK Diah Pitaloka adalah lulusan D2 PGTK , dan salah satu guru tersebut telah menjadi pegawai negeri sipil.
Untuk menambah keprofesionalan para guru di TK Diah Pitaloka , biasanya mereka selalu mengikuti seminar-seminar , mengikuti KKG (kelompok Kerja Guru) yang diadakan di kabupaten dan kecamatan setiap bulannya , diantaranya membahas tentang materi yang ada dalam kurikulum , yang dihadiri oleh perwakilan tiap TK.
E. Pengelolaan Sarana dan Prasarana di TK Diah Pitaloka
Tanah yang dipakai adalah tanah hak guna pakai , tanah tersebut adalah tanah milik desa setempat yang akhirnya dijadikan sebuah sekolah. Jadi desa setempat memberikan suatu kesempatan dan kepercayaan untuk membangun sebuah tempat pembelajaran. Dan kini sekolah tersebut telah memiliki bangunan sendiri.
Karena TK Diah Pitaloka masih bersatu dengan SD 1 Sidamulih , maka dalam penggunaan fasilitasnya pun dipakai bersama-sama , seperti contohnya dalam penggunaan WC dan mushola. Dalam penggunaan media alat Bantu pembelajaran pun masih belum lengkap.
Adapun fasilitas permainan yang ada di TK Diah Pitaloka adalah sebagai berikut:
· Ayunan 2 buah
· Prosotan 2 buah
· Tangga majemuk
· Putar-putaran 1 buah
F. Pengelolaan Keuangan
Sumber dana TK Diah Pitaloka berasal dari swadaya para orang tua murid , dan juga berasal dari anggaran dasar daerah setempat , yang kemudian diberikan pada TK.
Untuk mempertanggung jawabkan dana yang telah dikeluarkan biasanya diadakan rapat diawal tahun ajaran , yang disebut dengan RAPBS yang dihadiri oleh komite sekolah ,kepala desa , ketua LPMD desa setempat.
G. Pengelolaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat
Struktur komite sekolah di TK Diah Pitaloka dan fungsinya
Ketua : Abay Bayanullah , S. IP
Sekretaris : Bapak Kustono
Bendahara : Kuswadi
Anggota : Hodijah Ama
Junti Nurhayat
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Taman Kanak-Kanak Diah Pitaloka berdiri sejak tanggal 1 juli 1981. dengan Kepala Sekolah bernama Hodijah , A.Ma. Tipe kepemimpinan yang diterapka adalah demokratis. Kurikulum yang digunakan di TK ini adalah kurikulum 2004 atau kurikulum KBK , karena kurikulum KTSP belum disosialisasikan. Adapun dalam sarana dan prasarana belum begitu lengkap , tapi sejauh ini TK Diah Pitaloka sudah berjalan dengan baik , dalam pengelolaan administrasi pun TK Diah Pitaloka sangat mamperhatikan ketransparansian , terbukti dengan diadakannya rapat RAPBS yang diadakan tiap bulannya.
B. Rekomendasi
Sejauh ini pengelolaaan pendidikan di TK Diah Pitaloka sudah cukup baik , terbukti dengan beberapa prestasi yang sudah diraih oleh TK tersebut. Namun masih ada beberapa hal yang masih belum dapat dipenuhi. Untuk itu penulis akan memberikan saran yang mudah – mudahan dapat sedikit membantu , agar TK Diah Pitaloka bisa menjadi TK yang lebih baik lagi. Amin , ,
Adapun saran – sarannya adalah sebagai berikut :
Ø Alangkah baiknya apabila bangunan TK diperbanyak lagi , agar dapat menampung semua siswa sesuai dengan kapasitasnya.
Ø Dalam masalah dana , sebaiknya tidak hanya terpaku dari swadaya orang tua murid saja , tapi sebisa mungkin berusaha mendapatkan donatur tetap , seperti meminta bantuan pada yayasan yang tentunya dapat meringankan beban TK tersebut.
Ø Merekrut guru baru untuk membantu dalam proses belajar mengajar , agar berjalan dengan lancar dan semua anak mendapatkan bimbingan dari guru.
Ø Melengkapi sarana dan prasarana yang belum ada.
Ø Sebelum membuat bangunan baru , alangkah baiknya terlebih dahulu memperbaiki bangunan yang sudah ada , dan dibuat lebih menarik lagi agar semakin banyak anak yang berminat sekolah di TK Diah Pitaloka.
Ø Kebersihan TK pun harus lebih ditingkatka lagi , karena kalau tempatnya bersih dan rapih maka anak – anak pun akan belajar dengan semangat.
Belum ada Komentar untuk "CONTOH MAKALAH PENGELOLAAN PENDIDIKAN | TEORI PENDIDIKAN"
Posting Komentar