CONTOH MAKALAH PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK | TEORI PENDIDIKAN

BAB I
 PENDAHULUAN
 A LATAR BELAKANG Anak merupakan anugerah , karunia dan nikmat Allah yang terbesar yang harus dipelihara , sehingga tidak terkontaminasi dengan lingkungan. Oleh karena itu , sebagai orang tua , maka wajib untuk membimbing dan mendidik sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya , dan menjauhkan anak-anak dari pengaruh buruk lingkungan dan pergaulan. Wajib mencarikan lingkungan yang bagus dan teman-teman yang istiqâmah. Keluarga adalah lingkungan pertama dan mempunyai peranan penting dan pengaruh yang besar dalam pendidikan anak. Karena keluarga merupakan tempat pertama kali bagi tumbuh kembangnya anak , baik jasmani maupun rohani. Keluarga sangat berpengaruh dalam membentuk aqidah , mental , spiritual dan kepribadian , serta pola pikir anak. Yang kita tanamkan pada masa-masa tersebut akan terus membekas pada jiwa anak dan tidak mudah hilang atau berubah sesudahnya. Adapun bagi seorang pendidik , ia harus menjauhkan anak didiknya dari hal-hal yang membawa kepada kebinasaan dan ketergelinciran , serta mengangkat derajat mereka dari derajat binatang menjadi derajat manusia yang mempunyai semangat untuk mengemban amanat dan tugas agama. Sebagai pendidik , seseorang harus menjadikan kepribadian Rasul Shallallahu'alaihi Wa Sallam sebagai suri tauladan dalam seluruh aspek kehidupan dan dalam setiap proses pendidikan. Mengajak mereka untuk mengikuti jejak salafush-shalih serta memberi motivasi anak didik agar selalu bersanding dengan ulama dan orang-orang shalih. Seorang pendidik juga harus memahami dampak buruk yang disebabkan oleh keteledoran dalam mendidik anak. Dan ia harus mewaspadai faktor-faktor yang bisa mempengaruhi proses pendidikan anak , yaitu lingkungan rumah , sekolah , media cetak dan elektronik , teman bergaul , sahabat serta pembantu
 B TUJUAN
 Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah
 BAB II
 PEMBAHASAN
 A. Makna Perkembangan Sosial Anak Syamsu Yusuf (2007) menyatakan bahwa Perkembangan sosial merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial. Perkembangan sosial dapat pula diartikan sebagao proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok , moral dan tradisi ; meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi dan kerja sama. Pada awal manusia dilahirkan belum bersifat sosial , dalam artian belum memiliki kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan sosial anak diperoleh dari berbagai kesempatan dan pengalaman bergaul dengan orang-orang dilingkungannya. Kebutuhan berinteraksi dengan orang lain telah dirasakan sejak usia enam bulan , disaat itu mereka telah mampu mengenal manusia lain , terutama ibu dan anggota keluarganya. Anak mulai mampu membedakan arti senyum dan perilaku sosial lain , seperti marah (tidak senang mendengar suara keras) dan kasih sayang. Sunarto dan Hartono (1999) menyatakan bahwa : Hubungan sosial (sosialisasi) merupakan hubungan antar manusia yang saling membutuhkan. Hubungan sosial mulai dari tingkat sederhana dan terbatas , yang didasari oleh kebutuhan yang sederhana. Semakin dewasa dan bertambah umur , kebutuhan manusia menjadi kompleks dan dengan demikian tingkat hubungan sosial juga berkembang amat kompleks. Dari kutipan diatas dapatlah dimengerti bahwa semakin bertambah usia anak maka semakin kompleks perkembangan sosialnya , dalam arti mereka semakin membutuhkan orang lain. Tidak dipungkiri lagi bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan mampu hidup sendiri , mereka butuh interaksi dengan manusia lainnya , interaksi sosial merupakan kebutuhan kodrati yang dimiliki oleh manusia.termasuk didalamnya dimana lingkungan anak itu berada. Lingkungan yang kondusif dalam pola pembelajaran akan mendorong anak-anaklebihmenghayati nilai-nilaikebaikan. Nilai-nilai kebaikan dalam tindakan yang sepele seperti saling berbagi , saling menjelaskan untuk teman-temannya akan lebih mudah bagi anak-anak itu menciptakan pengaruh lingkungan yang positif. Lingkungan adalah ruang di mana seseorang hidup , baik ruangan fisik , mental maupun spiritual. Lingkungan itu sendiri sebenarnya netral , tidak mempengaruhi apa-apa jika hanya dilalui sepintas kilas. Ia baru mempengaruhi manusia ketika menstimuli manusia secara berulang-ulang , terus menerus dalam waktu yang lama. Pengaruh lingkungan terhadap manusia bisa berupa membentuk atau mengubah tingkah laku , bisa positif bisa juga negatif bergantung kepada faktor-faktor apa yang relevan dengan kegiatan atau dengan perhatian manusia .B. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Anak Perkembangan sosial anak dipengaruhi beberapa faktor yaitu : 1. Keluarga Keluarga merupakan lingkungan pertama yang memberikan pengaruh terhadap berbagai aspek perkembangan anak , termasuk perkembangan sosialnya. Kondisi dan tata cara kehidupan keluarga merupakan lingkungan yang kondusif bagi sosialisasi anak. Proses pendidikan yang bertujuan mengembangkan kepribadian anak lebih banyak ditentukan oleh keluarga , pola pergaulan , etika berinteraksi dengan orang lain banyak ditentukan oleh keluarga. 2. Kematangan Untuk dapat bersosilisasi dengan baik diperlukan kematangan fisik dan psikis sehingga mampu mempertimbangkan proses sosial , memberi dan menerima nasehat orang lain , memerlukan kematangan intelektual dan emosional , disamping itu kematangan dalam berbahasa juga sangat menentukan. 3. Status Sosial Ekonomi Kehidupan sosial banyak dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi keluarga dalam masyarakat. Perilaku anak akan banyak memperhatikan kondisi normatif yang telah ditanamkan oleh keluarganya. 4. Pendidikan Pendidikan merupakan proses sosialisasi anak yang terarah. Hakikat pendidikan sebagai proses pengoperasian ilmu yang normatif , anak memberikan warna kehidupan sosial anak didalam masyarakat dan kehidupan mereka dimasa yang akan datang. 5. Kapasitas Mental : Emosi dan Intelegensi Kemampuan berfikir dapat banyak mempengaruhi banyak hal , seperti kemampuan belajar , memecahkan masalah , dan berbahasa. Perkembangan emosi perpengaruh sekali terhadap perkembangan sosial anak. Anak yang berkemampuan intelek tinggi akan berkemampuan berbahasa dengan baik. Oleh karena itu jika perkembangan ketiganya seimbang maka akan sangat menentukan keberhasilan perkembangan sosial anak 6.lingkungan Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap pembentukan dan perkembangan perilaku individu , baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosio-psikologis , termasuk didalamnya adalah belajar. Terhadap faktor lingkungan ini ada pula yang menyebutnya sebagai empirik yang berarti pengalaman , karena dengan lingkungan itu individu mulai mengalami dan mengecap alam sekitarnya. Manusia tidak bisa melepaskan diri secara mutlak dari pengaruh lingkungan itu , karena lingkungan itu senantiasa tersedia di sekitarnya
 C .PENGARUH LINGKUNGAN
 Sejauh mana pengaruh lingkungan itu bagi diri individu , dapat kita ikuti pada uraian berikut : • Lingkungan membuat individu sebagai makhluk sosial Yang dimaksud dengan lingkungan pada uraian ini hanya meliputi orang-orang atau manusia-manusia lain yang dapat memberikan pengaruh dan dapat dipengaruhi , sehingga kenyataannya akan menuntut suatu keharusan sebagai makhluk sosial yang dalam keadaan bergaul satu dengan yang lainnya. Terputusnya hubungan manusia dengan masyarakat manusia pada tahun-tahun permulaan perkembangannya , akan mengakibatkan berubahnya tabiat manusia sebagai manusia. Berubahnya tabiat manusia sebagai manusia dalam arti bahwa ia tidak akan mampu bergaul dan bertingkah laku dengan sesamanya. Dapat kita bayangkan andaikata seorang anak manusia yang sejak lahirnya dipisahkan dari pergaulan manusia sampai kira-kira berusia 10 tahun saja , walaupun diberinya cukup makanan dan minuman , akan tetapi serentak dia dihadapkan kepada pergaulan manusia , maka sudah dapat dipastikan bahwa dia tidak akan mampu berbicara dengan bahasa yang biasa , canggung pemalu dan lain-lain. Sehingga kalaupun dia kemudian dididik , maka penyesuaian dirinya itu akanberlangsungsangatlambatsekali. 2.Lingkungan membuat wajah budaya bagi individu Lingkungan dengan aneka ragam kekayaannya merupakan sumber inspirasi dan daya cipta untuk diolah menjadi kekayaan budaya bagi dirinya. Lingkungan dapat membentuk pribadi seseorang , karena manusia hidup adalah manusia yang berfikir dan serba ingin tahu serta mencoba-coba terhadap segala apa yang tersedia di alam sekitarnya. emalsukan lingkungan panas menjadi sejuk sehingga sesuai dengan dirinya. Sedangkan penyesuaian diri autoplastis , penyesusian diri yang dilakukan individu agar dirinya sesuai dengan lingkungannya. Contoh : seorang juru rawat di rumah sakit , pada awalnya dia merasa mual karena bau obat-obatan , namun lama-kelamaan dia menjadi terbiasa dan tidak menjadi gangguan lagi , karena dirinya telah sesuai dengan lingkungannya
 D PERANAN LINGKUNGAN
 Lingkungan memiliki peranan bagi individu , sebagai : • Alat untuk kepentingan dan kelangsungan hidup individu dan menjadi alat pergaulan sosial individu. Contoh : air dapat dipergunakan untuk minum atau menjamu teman ketika berkunjung ke rumah. • Tantangan bagi individu dan individu berusaha untuk dapat menundukkannya. Contoh : air banjir pada musim hujan mendorong manusia untuk mencari cara-cara untuk mengatasinya. • Sesuatu yang diikuti individu. Lingkungan yang beraneka ragam senantiasa memberikan rangsangan kepada individu untuk berpartisipasi dan mengikutinya serta berupaya untuk meniru dan mengidentifikasinya , apabila dianggap sesuai dengan dirinya. Contoh : seorang anak yang senantiasa bergaul dengan temannya yang rajin belajar , sedikit banyaknya sifat rajin dari temannya akan diikutinya sehingga lama kelamaan dia pun berubah menjadi anak yang rajin. • Obyek penyesuaian diri bagi individu , baik secara alloplastis maupun autoplastis. Penyesuaian diri alloplastis artinya individu itu berusaha untuk merubah lingkungannya. Contoh : dalam keadaan cuaca panas individu memasang kipas angin sehingga di kamarnya menjadi sejuk. Dalam hal ini , individu melakukan manipulation yaitu mengadakan usaha untuk memalsukan lingkungan panas menjadi sejuk sehingga sesuai dengan dirinya. Sedangkan penyesuaian diri autoplastis , penyesusian diri yang dilakukan individu agar dirinya sesuai dengan lingkungannya. Contoh : seorang juru rawat di rumah sakit , pada awalnya dia merasa mual karena bau obat-obatan , namun lama-kelamaan dia menjadi terbiasa dan tidak menjadi gangguan lagi , karena dirinya telah sesuai dengan lingkungannya
 BABIII
 PENUTUP 
A KESIMPULAN Manusia adalah makhluk social yang dapat yang dapat dipaengaruhi oleh lingkungan social dimana ia berada.seringkali pengaruh lingkungan itu sangat besar sehingga bukan hanya mengubah atau meluruskan tetapi sampai mengalah kan tabiat asal seseoran .Setiap manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah , kedua orang tuanyalah yang menyebabkan anak itu menjadi Yahudi , Nasrani atau Majusi. Meskipun demikian , jika seseorang dalam merespons lingkungan itu tetap berpegang teguh kepada tuntutan agama dan taat kepada Allah SWT , maka orientasinya itu akan mengarahkan tingkah lakunya ke arah kebaikan dirinya , baik kebaikan di dunia maupun di akhirat. Sebaliknya jika dalam merespons lingkungan itu ia mengikuti dorongan syahwat dan pikiran rendahnya , maka ia akan terbawa kepada tingkah laku yang mencelakakan dirinya , terutama jika dilihat dari ukuran orang beragama.Jadi lingkungan tertentu mempersubur motif yang sudah ada dalam nafas manusia untuk memperoleh pemuasannya. Seseorang yang memiliki motif kepada kebaikan akan mudah terangsang untuk melakukan perbuatan baik jika lingkungan di mana ia hidup memberikan situasi yang kondusif untuk melakukannya.Jika lingkungan tidak kondusif untuk itu , maka motif kepada kebaikan itu mengendur atau tertekan. B SARAN

Belum ada Komentar untuk "CONTOH MAKALAH PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK | TEORI PENDIDIKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel