CONTOH SILABUS EVALUASI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA | TEORI PENDIDIKAN

SILABUS


1. IDENTITASMATA KULIAH

Nama Mata Kuliah :Evaluasi Pendidikan  Bahasa dan SastraSunda

Kode Mata Kuliah                  :DR 501
Bobot                                      :2 SKS
Semester/Jenjang                     :5/S1
Kelompok Mata Kuliah          : MKKP
Jurusan/Prodi                          :Pendidikan Bahasa Daerah
Status Mata Kuliah                 : Wajib
Prasyarat                                 :Telah lulus MKKDP dan MKKBS ,
Dosen                                      :Drs. Usep Kuswari , M.Pd.


2. TUJUAN
            Setelah menyelesaikanperkuliahan ini diharapkan mahasiswa Program Pendidikan Bahasa dan sastra Sundamemiliki kompetensi dalam merancang , menyusun , melaksanakan , dan melaporkanhasil evaluasi belajar serta menggunakannya untuk perbaikan pembelajaran.

3. DESKRIPSI
Mata kuliah EvaluasiPendidikan ini merupakan salah satu Mata Kuliah Dasar Keahlian Pedagodik. Matakuliah ini membahas materi perkuliahan yang mengarah kepada pembentukanpengetahuan dan keterampilan dalam evaluasi pendidikan bagi para calon guru.
            Materidasar yang dibahas adalah (1) konsep dasar evaluasi pendidikan bahasa , (2)peranan evaluasi pendidikan , (3) teknik-teknik konstruksi tes bahasa , (4)uji-coba tes hasil belajar , (5) pengolahaan hasil uji coba tes hasil belajarbahasa , (6) analisis tes hasil belajar , dan (7) pembakuan tes hasil belajarbahasa Sunda.

4. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
    Pendekatan : Ekspositori dan Komunikatif
    Metode        :  ceramah , tanya jawab , diskusi , dan pemecahanmasalah
    Tugas           : Laporan buku atau bab , penyusunan berbagai alat evaluasi
    Media          : OHP , LCD

5. EVALUASI
·        Kehadiran (minimal 80%)
·        Laporan buku
·        Penyusunan Proposal Penelitian
·        Penyajian dan diskusi
·        Acuan  :PAP/CRE 75% atau SKBM = B (2 ,75)
·        Nilai Akhir       :








6. RINCIAN MATERIPERKULIAHAN TIPA PERTEMUAN

Pertemuan ke-
Kompetensi Dasar
1 dan 2
1. Memahami konsep dan penerapan dasar-dasar
    pengukuran dan penilaian:
  • Pengertian evaluasi pendidikan
  • Perbedaan pengukuran dan penilaian
  • Fungsi dan manfaat penilaian hasil belajar
  • Jenis dan bentuk evaluasi hasil belajar
  • Syarat-syarat alat penilaian yang baik
  • Validitas dan reliabilitas
3 dan 4
2. Memahami dan menerapkan konsep perencanaan
    penyusunan Evaluasi Hasil Belajar
  • Pembahasan Standar Kompetensi , Kompetensi Dasar , Indikator atau TPU dan TPK
  • Pembahasan metode pemiliahan bahan evaluasi
Pembahasan metode penyusunan kisi-kisi evaluasi hasil belajar
5 dan 6
3. Memahami dan menerapkan konsep instrument
    evaluasi hasil belajar.
·         Pembahasan jenis tagihan dan intsrumen penilaian.
·         Pembahasan syarat-syarat penyusunan jenis tagihan dan instrument penilaian
·         Berlatih menyusun berbagai jenis tagihan dan bentuk instrument penilaian.

7
·         Pembahasan berbagai jenis instrument evaluasi.
·         Pembahasan bentuk-bentuk tes : objektif dan non-objektif
·         Pembahasan bentuk-bentuk soal objektif: Benar-Salah , Pilihan Ganda , Menjodokan , Isian Singkat
·         Pembahasan bentuk soal uraian (eseai)
Berlatih menyusun berbagai bentuk soal tes hasil belajar.    
8
UTS
9
Menyusun intrumen penilaian berbagai kompetensi atau indicator pencapaian hasil belajar
  • Kompetensi Kognitif
  • Kompetensi Apektif
  • Kompetensi Psikomotor
10 dan 11
Mengolah hasil evaluasi
  • Pembahasan cara pemberian skor
  • Pembahasan berbagai pendekatan penilaian
  • Pembahasan cara pemberian nilai
Berlatih mengolah skor menjadi nilai standar
12 dan 13
Memahami dan menerapkan konsep mutu alat evaluasi hasil belajar
  • Pembahasan teknik analisis validitas
  • Pembahasan teknik analisis reliabilitas
  • Pembahasan teknik analisis tingkat kesukaran
  • Pembahasan teknik analisis daya pembeda
  • Pembahasan teknik analisis option  (untuk soal pilihan ganda).
14
·               Menyusun laporan hasil evaluasi hasil relajar
·               Pengisian rapor
·               Pelaporan tingkat ketuntasan belajar
·               Pelaporan hasil analisis tingkat keterpahaman dan ketuntasan
15
Memahami cara pemanfaatan hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran
16
UAS



7. DAFTAR BUKU

Arikunto , Suharsimi. 1984. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Yogyarakta: PT Bina
Aksara.

Gronlund , Norman E. (1985)  Meassurement and Evaluation. 5 th ed. New York:
Mcmillan PublishingCompany , Inc.

Nurgiyantoro , Burhan (1988). Penilaian dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra.Yogyakarta:
YPPE
Popham , W , James. 1978.  Evalution in Education: Current Applications.Los
Angeles: University of California

Puwanto , M. Ngalim. 2001.  Prinsip-Prinsipdan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Bandung: Rosda Karya.

Ross , C.C. and Stanley , Julian C. 1954.  Measurument in Today Schools. 3rded. New
Jersey.

Belum ada Komentar untuk "CONTOH SILABUS EVALUASI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA | TEORI PENDIDIKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel