CONTOH SILABUS EVALUASI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA | TEORI PENDIDIKAN
SILABUS
1. IDENTITASMATA KULIAH
Nama Mata Kuliah :Evaluasi Pendidikan Bahasa dan SastraSunda
Kode Mata Kuliah :DR 501
Bobot :2 SKS
Semester/Jenjang :5/S1
Kelompok Mata Kuliah : MKKP
Jurusan/Prodi :Pendidikan Bahasa Daerah
Status Mata Kuliah : Wajib
Prasyarat :Telah lulus MKKDP dan MKKBS ,
Dosen :Drs. Usep Kuswari , M.Pd.
2. TUJUAN
Setelah menyelesaikanperkuliahan ini diharapkan mahasiswa Program Pendidikan Bahasa dan sastra Sundamemiliki kompetensi dalam merancang , menyusun , melaksanakan , dan melaporkanhasil evaluasi belajar serta menggunakannya untuk perbaikan pembelajaran.
3. DESKRIPSI
Mata kuliah EvaluasiPendidikan ini merupakan salah satu Mata Kuliah Dasar Keahlian Pedagodik. Matakuliah ini membahas materi perkuliahan yang mengarah kepada pembentukanpengetahuan dan keterampilan dalam evaluasi pendidikan bagi para calon guru.
Materidasar yang dibahas adalah (1) konsep dasar evaluasi pendidikan bahasa , (2)peranan evaluasi pendidikan , (3) teknik-teknik konstruksi tes bahasa , (4)uji-coba tes hasil belajar , (5) pengolahaan hasil uji coba tes hasil belajarbahasa , (6) analisis tes hasil belajar , dan (7) pembakuan tes hasil belajarbahasa Sunda.
4. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan : Ekspositori dan Komunikatif
Metode : ceramah , tanya jawab , diskusi , dan pemecahanmasalah
Tugas : Laporan buku atau bab , penyusunan berbagai alat evaluasi
Media : OHP , LCD
5. EVALUASI
· Kehadiran (minimal 80%)
· Laporan buku
· Penyusunan Proposal Penelitian
· Penyajian dan diskusi
· Acuan :PAP/CRE 75% atau SKBM = B (2 ,75)
· Nilai Akhir :
6. RINCIAN MATERIPERKULIAHAN TIPA PERTEMUAN
Pertemuan ke- | Kompetensi Dasar | |
1 dan 2 | 1. Memahami konsep dan penerapan dasar-dasar pengukuran dan penilaian:
| |
3 dan 4 | 2. Memahami dan menerapkan konsep perencanaan penyusunan Evaluasi Hasil Belajar
Pembahasan metode penyusunan kisi-kisi evaluasi hasil belajar | |
5 dan 6 | 3. Memahami dan menerapkan konsep instrument evaluasi hasil belajar. · Pembahasan jenis tagihan dan intsrumen penilaian. · Pembahasan syarat-syarat penyusunan jenis tagihan dan instrument penilaian · Berlatih menyusun berbagai jenis tagihan dan bentuk instrument penilaian. | |
7 | · Pembahasan berbagai jenis instrument evaluasi. · Pembahasan bentuk-bentuk tes : objektif dan non-objektif · Pembahasan bentuk-bentuk soal objektif: Benar-Salah , Pilihan Ganda , Menjodokan , Isian Singkat · Pembahasan bentuk soal uraian (eseai) Berlatih menyusun berbagai bentuk soal tes hasil belajar. | |
8 | UTS | |
9 | Menyusun intrumen penilaian berbagai kompetensi atau indicator pencapaian hasil belajar
| |
10 dan 11 | Mengolah hasil evaluasi
Berlatih mengolah skor menjadi nilai standar | |
12 dan 13 | Memahami dan menerapkan konsep mutu alat evaluasi hasil belajar
| |
14 | · Menyusun laporan hasil evaluasi hasil relajar · Pengisian rapor · Pelaporan tingkat ketuntasan belajar · Pelaporan hasil analisis tingkat keterpahaman dan ketuntasan | |
15 | Memahami cara pemanfaatan hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran | |
16 | UAS | |
7. DAFTAR BUKU
Arikunto , Suharsimi. 1984. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Yogyarakta: PT Bina
Aksara.
Gronlund , Norman E. (1985) Meassurement and Evaluation. 5 th ed. New York :
Mcmillan PublishingCompany , Inc.
Nurgiyantoro , Burhan (1988). Penilaian dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra.Yogyakarta :
YPPE
Popham , W , James. 1978. Evalution in Education: Current Applications.Los
Angeles: University of California
Puwanto , M. Ngalim. 2001. Prinsip-Prinsipdan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Ross , C.C. and Stanley , Julian C. 1954. Measurument in Today Schools. 3rded. New
Belum ada Komentar untuk "CONTOH SILABUS EVALUASI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA SUNDA | TEORI PENDIDIKAN"
Posting Komentar