Biografi Lengkap Ustadz Abdul Somad Lc. MA, Terbaru 2018

Sahabat Pakyudhiblog.com, sudah tidak asing lagi ditelinga kita begitu kondangnya Ustadz Abdul Somad, Lc.,MA ulama dan pendakwah yang satu ini begitu banyak memiliki jama’ah, ceramah dan kajian beliau banyak diupload di youtube dan ditonton oleh jutaan orang dalam waktu yang begitu singkat.

Ulama yang lahir pada 18 Mei 1977 ini begitu lugas menyampaikan gagasan wawasan keagamaannya dengan gaya bahasa yang mudah di mengerti, retorika yang unik dan kadang mengundang tawa, semua pertanyaan-pertanyan dari jama’ah dijawab dengan dalil yang jelas. Beliau begitu tegas dalam menyampaikan kebenaran sehingga dakwahnya pernah mengalami penolokan yaitu ketika di undang berdakwah di Negara Hongkong dan hal tersebut sarat dengan nuansa politis, belum lagi kasus persekusi yang pernah beliau alami ketika diundang untuk berdakwah di pulau Dewata Bali dan sampai tulisan ini dibuat kasus persekusi tersebut sedang ditangani oleh pihak yang berwajib.

Semua kendala-kendala yang beliau hadapi dalam berdakwah sama sekali tidak menciutkan nyali beliau dalam menyampaikan kebenaran, dan telah diklarifikasi dalam dakwah-dakwah beliau, “ Indonesia itu negara hukum dan bukan hutan rimba tidak ada kelompok atau pihak yang boleh menolak ustadz yang akan melakukan kajian “ ungkapan tersebut merupakan semua jawaban dari salah satu jama’ahnya yang menanyakan “apakah boleh ada kelompok yang menolak kajian ustadz”.

Pandangan keagamaan ustadz Abdul Somad dalam berdakwah meliliki ciri khas tersendiri, hal tersebut sedikit banyak dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan Islam beliau di Sumatra, diantaranya SD Al-Washliyah Medan, MTS Mu’allimin al-Washliyah Medan, Pesantren Darularafah Deliserdang Sumatera Utara, Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu Riau, dan melanjutkan kuliah di UIN SUSKA Riau.

Kemudian di tahun 1998, beliau berhasil masuk 100 orang penerima beasiswa ke Timur Tangah, tepatnya di Universitas Al Azhar Kairo Mesir dengan mengalahkan 900 lainnya, gelar Lc beliau raih dalam waktu yang relatif singkat yaitu 3 tahun 10 bulan. Dan pada tahun 2014 kerajaan Maroko menyediakan 20 beasiswa S2, dengan rincian 15 bagi orang Maroko dan 5 orang asing, dan Ustadz Abdul Somad termasuk ke dalam 5 orang asing yang berhasil meraih kesempatan untuk menimba ilmu di Institut Dar Al-Hadis Al-Hassania, S2 beliau diselesaikan dalam waktu 1 tahun 11 bulan.

Latar belakang pendidikan di Timur Tengah memberikan warna tersendiri dalam pandangan beliau dalam menyikapi persoalan-persoalan agama, dan apa yang telah beliau dapatkan selama belajar di madrasah-madrasah di Sumatra juga tidak di tinggalkan begitu saja dan inilah mutiara yang ada pada beliau ustadz Abdul Somad Lc, MA, dan jarang ada pada ulama-ulama sebelumnya.



Nama Lengkap                       : H. Abdul Somad, Lc., MA.
Tempat Tanggal Lagiir          :Silo LamaAsahanSumatera Utara18 Mei 1977

Riwayat Pendidikan
SD al-Washliyah, tamat 1990
Mts Mu'allimin al-Washliyah Medan, tamat 1993
Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu, tamat 1996
S1 Al-Azhar, Mesir
S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko, 2008

Pengabdian dan Karir
Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Dosen Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau
Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru
Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian Periode 2009–2014
Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan, Periode 2009–2014
Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau, Periode 2009–2014

Terjemah (Arab–Indonesia)
Perbuatan Maksiat Penyebab Kerusakan Rumah Tangga (Judul Asli: Al-Ma’ashi Tu’addi ila Al-Faqri wa Kharab Al-Buyut), Penulis: Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, Maret 2008.
55 Nasihat Perkawinan Untuk Perempuan, (Judul Asli : 55 Nashihat li al-banat qabla az-zawaj), Penulis: DR. Akram Thal’at, Dar at-Ta’if, Cairo. Diterbitkan oleh Penerbit Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, April-2004.
101 Kisah Orang-Orang Yang Dikabulkan Doanya (Judul Asli: 101 Qishash wa Qishah li Alladzina Istajaba Allah Lahum Ad-Du’a’, Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Azzam – Jakarta, Desember 2004.
30 Orang Dijamin Masuk Surga (Judul Asli: 30 al-mubasysyarun bi al-jannah), DR.Mustafa Murad, Dar al-Fajr li at-Turats,Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Juli-2004.
15 Sebab Dicabutnya Berkah (Judul Asli: 15 sabab min asbab naz’ al-barakah), Penulis: Abu Al-Hamd Abdul Fadhil, Dar ar-Raudhah-Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Agustus-2004
Indahnya Seks Setelah Menikah (Judul Asli : Syahr al-‘asal bi la khajal), DR. Aiman Al-Husaini, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif, Jakarta, September 2004.
Beberapa Kekeliruan Memahami Pernikahan (Judul Asli: Akhta’ fi mafhum az-zawaj, Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif- Jakarta, September 2004.
Sejarah Agama Yahudi (Judul Asli: Tarikh ad-Diyanah al-Yahudiyyah), diterbitkan oleh Pustaka al-Kautsar, Jakarta, Desember 2009.

Karya Buku Best Seller                                     
37 Masalah Populer
99 Pertanyaan Seputar Sholat
33 Tanya Jawab Seputar Qurban

Demikianlah sekelumit biografi ustadz Abdul Somad yang kami dapatkan dari beragai sumber. Semoga Allah SWT selalu menjaga beliau, terus berjuang dan selalu istiqomah di jalan dakwah lillahi ta’ala.

Belum ada Komentar untuk "Biografi Lengkap Ustadz Abdul Somad Lc. MA, Terbaru 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel