Aplikasi Pengisian Rapor K13 (Kurikulum 2013) SD


Kabar gembira untuk guru kini telah hadir aplikasi pengisian raport K13 yang memudahkan guru untuk mengerjakan evaluasi beajar selama satu smester. Bagi sekolah yang baru peratma kali menerapkan kurikulum 2013 guru akan mengalami kesulitan melakukan input nilai, mengingat begitu kompleknya aspek penilaian dalam kurikulum 2013. Dengan aplikasi ini hanya dibutuhkan sedikit pengetahuan dasar tentang penggunaan Microsoft Excel, namun bagi guru yang belum memiliki dasar pengetahuan tentang Microsoft Excel tentu akan mengalami sedikit kesulitan, maka seorang guru dituntut untuk menggembangkan profesinya.

Tidak ada cara lain bagi guru selain terus belajar menambah ketrampilannya menggunakan teknologi, carilah turorial menggunakan Microsoft Excel di internet banyak sekali tutorial yang tersedia, dari mulai tingkat pemula, sedang maupun tingkat mahir.

Aplikasi Pengisian raport ini telah memiliki standard penilainan Premendikbud No 23 Tahun 2016, walaupun aplikasi berbasis Microsoft Excel tapi guru tak perlu khawatir menggunakannya karena formula/rumus telah di protect, sehingga tidak akan terjadi rumus eror, walaupun antara file yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan.
banyak sekali kemudahan yang akan didapat jika menggunakan aplikasi ini berikut beberapa menu yang disajikan :

Biodata
Berisi biodata sekolah, biodata peserta didik lengkap mulai dari nis, nisn sampai alamat dan data orang tua dan sebagainya, guru tinggal copy dari data excel ke aplikasi ini dengan mudah tanpa menginput satu persatu.

Blanko Nilai
Berisi blanko penilaian mulai aspek pengetahuan yang terdiri dari PH (Penilaian Harian) HPTS (Hasil Penilain Tengah Smester) HPAS (Hasil Penelian Akhir Smester) dan aspek ketrampilan yang terdiri dari N.Praktek, N.Portofolio dan N.Proyek.

PA.Non Islam
Sebagi penilain bagi siswa yang beragama non Islam.

Nilai Sikap
Bagian inilah yang cukup rumit dalam melakukan menilaian karena sikap harus diuraikan dengan pencapaian sikap-sikap positif yang telah di capai, namun dalam hal ini dalam aplikasi sudah terdapat beberapa katagori kita tinggal memilih sesuai sikap yang dimiliki murid kita. Baik sikap spiritual, sikap social, dan sikap-sikap diatas dapat diedit oleh guru. Hal ini cukup memudahkan bukan..

Absent dan Ektrakurikuler
Salah satu yang menonjol dalam Penilaian Kurikulum 2013 adalah memasukan kegiatan ektrakurikuler dalam sistem penilaian murid, dalam aplikasi ini juga sudah tersedia beberapa kegiatan ektrakurikuler yang diikuti oleh murid, tersedia nama ektrakuler dan contoh-contoh deskripsi penilaiannya. Sangat memudahkan tentunya..

Catatan Wali Kelas
Catatan Wali Kelas terdiri dari 6 katagori tiap kategori dari no 1 – 6 memiliki deskripsi yang telah dan harus dicapai untuk smester berikutnya, dan guru diberikan opsi untuk memilih 3 kategori yang tepat untuk meridnya. Dicamtunkan juga prestasi apa yang telah diraih oleh muridnya.

Raport Multi KKM
Berisi deskripsi penilaian siswa dari data-data yang telah kita input sebelumnya baik itu sikap spiritual maupun social dan pengetahuan maupun ketrampilan. Dan inilah lembar yang dapat diprint out sebagai lembar raport

Cover Rapor
Berisi Cover raport Kurikulum 2013 terdapat biodata persiswa yang telah di input sebelumnya, dan tinggal di pilih no urut berapa yang akan kita tampilkan, sesuai no urut siswa yang telah kita input.

Rapor Ket Pindah
Pada umumnya raport biasanya di halaman belakang ada form untuk menulis perpindahan siswa jika akan melakukan pindah sekolah, begitu juga dalam aplikasi ini form tersebut juga tersedia

Rapor KKM Tunggal
Berisi deskripsi penilaian siswa dari data-data yang telah kita input sebelumnya baik itu sikap spiritual maupun social dan pengetahuan maupun ketrampilan. Dan inilah lembar yang dapat diprint out sebagai lembar raport

Rekap Nilai Rapor
Berisi leger penilaian semua siswa lengkap sampai dengan peringkat tiap siswa

Buku-1
Berisi biodata siswa lengkap termasuk foto siswa, sesuai dengan data yang kita input sebelumnya.

Petunjuk
Berisi petunjuk penggunaan aplikasi Penilaian lengkap


Aplikasi tersebut diatas memiliki hak cipta dan tidak dapat di unduh begitu saja, namun jika para pendidik menginginkan aplikasi tersebut dapat menghubungi WA 085711824676 dengan mencantumkan nama, sekolah, dan alamat serta alamat email, untuk selanjutnya kami hubungkan dengan pemilik aplikasi tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Pengisian Rapor K13 (Kurikulum 2013) SD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel