Solusi Program/Kompetensi Keahlian Tidak ditemukan Dapodik 2019

Solusi Program/Kompetensi Keahlian Tidak ditemukan Dapodik 2019 - Pada peluncuran aplikasi Dapodik 2019 ini banyak perubahan yang dilakukan oleh para pakar pembuat website aplikasi ini, yang mana menyesuaikan dengan ketentuan pemerintah tahun 2018 ini, banyak yang berubah mulai dari program kompetensi keahlian, website vervalptk, vervalsp, vervalpd, dll. 

Saya sebagai operator disalah satu sekolah SMK swasta yang mengalami hal ini dibagian Program/kompetensi keahlian yang mana biasanya Teknik Komputer Jaringan pada tahun ini ada perubahan menjadi Teknik Komputer dan Informatika, maka dari itu semua yang sudah saya isi dari dulu pertama kali ada aplikasi ini diluncurkan harus berubah haluan dan mengikuti aturan tersebut.

Hal ini mengikuti Spektrum Keahlian SMK (Perdirjen Dikdasmen No. 06/D.D5/KK/2018 tanggal 7 Juni 2018) yang bisa anda Download dibawah ini  supaya menjadi acuan biar tidak ada kesalahan kedepannya, karena kesalahan dalam hal ini akan membuat anak didik anda jika ada ujian Nasional akan bermasalah dengan soal yang akan mereka kerjakan dan tidak sinkronnya jurusan akan membuat fatal.

DOWNLOAD


Nah, didalam spektrum tersebut untuk jurusan di SMK yang saya kerjakan berubah menjadi Teknik Komputer dan Informatika. mau tidak mau saya harus menghapus atau membuat menambah baru data dibagian program kompetensi keahlian menjadi Teknologi Informasi dan Komunikasi >> Teknik Komputer dan Informatika >> Teknik Komputer dan Jaringan yang mana sekarang menjadi urutan nomor 066.

Nah, untuk cara mengatasinya cukup mudah, anda hanya perlu instal ulang atau menambahkan program kompetensi keahlian tersebut dan sesuaikan dengan yang ada di spektrum keahlian SMK maka otomatis yang biasanya anda tidak bisa mengisi menu di rombongan belajar maka setelah ini anda akan bisa membuat menu baru dibagian rombongan belajar. 

Untuk lebih baiknya menurut saya jika anda terlanjur instal dan registrasi apalagi sudah membuat menu aksi dibagian rombongan pembelajaran silahkan instal ulang saja dan buat kembali di menu sekolah dibagian program/kompetensi keahlian sesuai dengan spektrum yang diluncurkan oleh pemerintah. 

Pastinya dengan mengikuti alur yang saya berikan diatas akan membantu anda dalam proses pengisian dibagian menu rombongan pembelajaran.

Sekian dari saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat, jika masih ada yang perlu anda tanyakan atau tidak dimengerti silahkan chat dibawah kolom komentar. saya tidak memberi tutorialnya karena pastinya semua operator sudah tau ada dimana bagian menu sekolah, Program Kompetensi keahlian dan rombongan belajar, jika masih ada yang tidak tau silahkan chat pribadi melalui WA, saya akan bantu setingkan melalui team viewer.

terima kasih. semoga sukses.

Salam Dapodik

Salam Satu Data
Satu Nusa
Dapodik.

Sumber https://www.aplimuvie.com/

Belum ada Komentar untuk "Solusi Program/Kompetensi Keahlian Tidak ditemukan Dapodik 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel