Rilies Website UBK Ujian Nasional Tahun Ajaran 2018/2019, Berikut Cara Login dan Mengatur Server

Rilies Website UBK Ujian Nasional Tahun Ajaran 2018/2019 - Setelah sekian lama menunggu kapan diriliesnya website UBK Ujian Nasional Berbasis Komputer, pada tanggal 22 November 2018 banyak di group website sudah mengumumkan bahwa UBK versi 2018/2019 sudah keluar.

Pelaksanaan Ujian Nasional tinggal menunggu beberapa bulan lagi, pastinya sebelum pelaksanaan ujian akan ada yang namanya pelatihan - pelatihan untuk siswa dengan harapan siswa sudah tidak akan merasa gemetar lagi dan siap mental jika Ujian Nasional nanti dilaksanakan.

Maka dengan ini pemerintah membuat yang namanya pelatihan Simulasi yang tahun kemaren ada 3 tahap yaitu :
  1. Simulasi 1
  2. Simulasi 2
  3. dan Simulasi 3 ( Gladi Bersih )
Pada tahun ini Pelaksanaan Simulasi Pertama dilaksanakan dalam 2 periode, Untuk Periode 1 akan dilaksanakan dari tanggal 11-14 Desember 2018 dan Untuk Periode 2 akan dilaksanakan pada tanggal 17-21 Desember 2018.

Diharapkan untuk pendataan siswa kelas 3 yang akan mengikuti Ujian SImulasi 1 nanti Operator atau Proktor sudah mendata seluruh siswa dan di dapodik mereka sudah tidak ada kesalahan lagi mengenai No. Seri Ijazah, No. SKHUN dan NoPelaksanaan Ujian Nasional waktu di SD, SMP mereka.

Proktor harus bekerja sama dengan pihak Operator dan Operator segera menginput data siswa Kelas 3 dengan benar, setelah semua data siswa benar Operator wajib sinkronisasi, dan silahkan tunggu dalam waktu 1 -2 x 24Jam pastinya data akan masuk ke sistem pusat.

Setelah semua data masuk habis sinkronisasi Operator memberikan informasi kepada Proktor untuk memasukkan data siswanya di website PDUN ( http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ ) dan silahkan di unduh file berektension .dz.

Setelah selesai dalam mengunduh data siswa di PDUN silahkan di cek apakah sudah lengkap semua data atau tidak, karena jika ada data yang salah akan berakibat fatal nantinya. Jika merasa data sudah benar, maka Proktor memasukkan kembali data siswa di website BIOUN (  ">

Jika anda sudah memasukkan semua data siswa dengan benar, sekarang saatnya untuk masuk ke website UBK disini https://ubk.kemdikbud.go.id/

CARA MASUK / LOGIN KE WEBSITE UBK
1. Kunjungi situs Resminya https://ubk.kemdikbud.go.id/
Silahkan masukkan Username dan Password anda, untuk username silahkan samakan dengan username tahun lalu tetapi sekarang akan beda untuk usernamenya, kita cukup menambah angka 0 didepan kode NUS ( Sekolah Kita ) Misal yang biasanya K0510144 maka ditambah 0 menjadi K05100144 yang saya beri tanda merah itu adalah penambahan.

Msukkan Password yang dulu dan masukkan kode pengaman setelah itu masuk.
 Kode Pengaman
 2. Maka tampilan website seperti dibawah ini : Selamat Datang di Website UNBK dan dipojok atas ada tulusan juga 2018/2019.
 3. Untuk mengenal semua Tool silahkan anda otak atik sendiri dibawah ini.
Masuk ke Data Sekolah >> Silahkan isi lengkap bagian IDENTITAS, TIM TEKNIS DAN INFRASTRUKTUR
Dibagian Identitas jangan sampai salah memasukkan Jumlah Peserta Yang Ikut Ujian dan Jika di sekolah anda SMK Teknik silahkan isi Teknik dan isi sesuai dengan data siswa, Jumlah Sesi silahkan atur sendiri dan simulasi siswa bisa pilih periode 1 atau periode 2
 4. Silahkan simpan jika merasa sudah mengisi semua data
 5. Setelah selesai anda tinggal mencetak surat Kesiapan mengikuti Ujian Nasional tahun 2018/2019 dengan cara klik cetak
 Maka akan ada tampilan seperti dibawah ini dan silahkan anda cetak

 Jika sudah di cetak dan ditanda tangani oleh kepala sekolah silahkan anda tekan Uploud surat Kesiapannya.
 Usahakan bentuk file berektension JPG dan PNG tidak support untuk PDF dan DOC
 Setelah selesai silahkan anda masuk di Biodata Siswa >> Ambil dari BIOUN
 Tekan  Ya
 Jika ada tulisan seperti diatas maka anda silahkan melapor ke Cabang dinas atau Provinsi tempat anda. Karena website belum sepenuhnya dibuka untuk di daerah anda.

Sekian dari saya mengenai website UBK, semoga bermanfaat. jika ini bermanfaat silahkan di share supaya para Proktor dan Operator yang bertugas sebagai penginput data segera bekerja. Terima Kasih.

Sumber https://www.aplimuvie.com/

Belum ada Komentar untuk "Rilies Website UBK Ujian Nasional Tahun Ajaran 2018/2019, Berikut Cara Login dan Mengatur Server"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel