CARA MENGATASI DAPODIK 2018b EROR TIDAK TERHUBUNG DENGAN DATABASE #2


Sejak kemunculan versi Dapodik terbaru 2018.b ada beberapa permasalahan yang dialami oleh banyak sekolah yang sudah menginstalnya. kali ini saya akan membagikan cara mengatasi masalah Dapodik 2018.b yang Banyak di rasakan oleh Operator sekolah tentang masalah terkendala pada saat instal, Registrasi, Generate prefill, dalam pengerjaannya maupun terjadi hal Eror saat login pada Aplikasi Dapodiknya. permasalahan itulah sebagian besar kendala yang dialami oleh Operator Dapodik saat ini.

Aplikasi Dapodik Versi 2018.b mempunyai masalah yaitu " Tidak Terhubung Dengan Database #2 " atau We are sorry , but something terribly wrong ". Baiklah saya akan bahas langsung cara mengatasi Dapodik Tidak Terhubung Dengan Database #2 , dan kenapa aplikasi dapodik muncul We are sorry , but something terribly wrong. Perhatikan baik-baik panduan berikut ini.

  • Ada kemungkinan anda menggunakan Aplikasi Pihak ke 3 atau Tools, sehingga menyebabkan Aplikasi Dapodik tersebut Rusak atau Eror, sehingga menyebabkan dapodik saat mau Login ke localhost:5774 Tidak bisa di buka,
  • Jika Terinstal E-raport sebaiknya di Uninstal terlebih dahulu, jika sudah bisa atasi dapodik tersebut maka download Aplikasi E-raportnya lagi.
  • Jika Belum Teratasi, coba cara ini, Coba Stop servisces DapodikWebSrv nya dan juga DapodikDB dengan menekan Start >> ketik Run >> Enter

Atau 

Tekan tombol Wind+R


Maka setelah anda tekan seperti diatas akan muncul perintah CMD yang anda bisa ketik Services.msc >> Ok


Cari nama DapodikDB >> Setelah ketemu klik 1 kali maka akan ada (Stop, Pause, dan Restart), Maka anda klik Stop


  • Ketik Services.msc Setelah itu Klik Stop  setelah itu jalankan lagi Seperti biasanya. ( jika Keterangannya Running maka Dapodik tersebut Normal tidak ada yang bermasalah.
  • Dan Coba Login Kembali pada aplikasi Dapodiknya, tapi sebelumnya di Clear history dulu browsernya.
  • Jika memang masih Eror Juga, Langkah terakhir adalah Uninstal Aplikasi Dapodik Tersebut, Setelah itu Download Aplikasi Dapodiknya dan Instal Dapodik 2018.b.
  • Download Prefill ( Registrasi Prefill) atau bisa juga menggunakan dengan Cara registrasi Online.
  • Dan jika semua selesai login ke Aplikasi Dapodik 2018b tersebut.
  • Sebelum Login Cleaner dulu Windowsnya dan juga Clear history browser anda
  • Setelah itu silahkan login. Semoga berhasil.
  • Selesai.


Itulah Penjelasan singkat yang dapat saya berikan pada teman - teman Operator semua, semoga artikel ini bermafaat buat teman - teman yang membutuhkan. Jangan lupa bagikan pada OPerator yang membutuhkan cara ini. semoga berhasil. salam satu data. Dapodik.

Sumber https://www.aplimuvie.com/

Belum ada Komentar untuk "CARA MENGATASI DAPODIK 2018b EROR TIDAK TERHUBUNG DENGAN DATABASE #2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel