Cara Memperbaiki Pengajuan Data Siswa Di Verval PD Terbaru 2018 Edit Nama , Tanggal Lahir, dan Ibu Kandung

Cara Memperbaiki Pengajuan Data Siswa Di Verval PD Terbaru 2018 Edit Nama , Tanggal Lahir, dan Ibu Kandung - Ujian Nasional Tahun Ajaran 2018-2019 sebentar lagi sudah menginjak ke Pelaksanaan Ujian Simulasi Tahap 1, PAstinya semua data siswa di Dapodik sudah diperbaiki oleh Operator Dapodik yang bertugas sebagai Input Data di Aplikasi Sekolah ini. Nah, untuk memperbaiki data siswa di Aplikasi dapodik supaya berubah sesuai dengan nama yang ada di Ijazah waktu mereka SMP dulu dengan mengikuti beberapa tahap yaitu di Verval PD.

Apa Itu Verval PD ?
Verval PD merupakan aplikasi milik pemerintah dibawah naungan Kemdikbud, yang mana aplikasi ini dikhususkan untuk mendata seluruh siswa dalam hal perbaikan data, mutasi siswa, mengetahui jumlah siswa dll. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan aplikasi Dapodik yang mana nantinya setiap perubahan data dari website VervalPd ini akan otomatis berubah juga di Aplikasi Dapodik.

Fitur Yang Dimiliki Aplikasi Verval PD ?
Banyak fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini, diantaranya :
  1. Referensi
  2. Residu
  3. Belum memiliki NISN
  4. Status Pengajuan Mutasi
  5. Data Invalid
  6. Edit Data
  7. Logout
Ketujuh Fitur diatas merupakan fitur bantuan untuk Operator yang masalah dalam pengurusan Nama Siswa Salah, Edit Data Orang Tua, terutama Ibu Kandung dan Ayah kandung, Nomor Induk Siswa Nasional ( NISN ) dll.

Disini semua fitur mempunyai peran masing-masing, pastinya anda sudah mengetahui peran dari setiap menu yang ada. Kebanyakan keluhan yang selalu salah dalam penginputan data siswa biasanya Nama Siswa, Nama Ibu Kandung, dan NISN siswa. 

Kira - Kira Apa Itu Nomor Induk Siswa Nasional ( NISN )

Nomor Induk Siswa Nasional yang biasa kita kenal dengan (NISN) merupakan nomor kode unik yang berlaku selama anda menjadi siswa, uniknya Nomor NISN ini mesti siswa pindah ke sekolah lain Nomor ini tetap digunakan sebagai acuan.

NISN digunakan mulai dari jenjang TK, RA, PAUD, MI, SD, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MAK, dll. Nomor ini lain dengan NIS, Jika Nomor NISN untukmesua jenjang NIS hanya untuk disekolah tempat siswa itu belajar.

Siswa akan diinput NISNnya di aplikasi Dapodik untuk memastikan apakah siswa ini tidak terbentur dengan data siswa di sekolah lain, NISN menentukan segalanya supaya tidak ada penipuan data disekolah lain. 

Verval PD merupakan tugas dan tanggung jawab PDSPK dalam hal menerbitkan dan mengelola data referensi pendidikan. PDSPK sendiri sudah menyiapkan aplikasi berbasis website yang mana biasa anda kenal dengan http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ sebagai sarana untuk verifikasi validasi peserta didik (Verval PD).

Dalam proses pengajuan data siswa yang salah di (edit Nama Siswa, Tanggal Lahir, NISN, dan Nama Ibu Kandung ) PDSPK sudah memberikan fasilitas berupa verval PD untuk Operator Sekolah untuk menghasilkan data yang valid atau benar sesuai dengan dokumen yang siswa miliki.

Untuk itu anda perlu menyiapkan beberapa bahan atau dokumen milik siswa yaitu :
  • Ijazah waktu SD/MI, SMP/MTs
  • Scanner
  • Laptop/PC
  • Aplikasi Berbasis Web http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ 
  • Username dan Password Di dapodikdasmen atau Dapodikmen Sekolah Anda
  • Akte Lahir
  • Kartu Keluarga
  • KTP Orang Tua


Cara Pengajuan Perubahan Data Siswa ( Peserta Didik )
  • Siapkan Bahan-bahan seperti diatas ( Ijazah, Akte Lahir, Kartu Keluarga KK, KTP Orang Tua )
  • Scan satu persatu, saya selalu mengajukan menggunakan Ijazah saja untuk tahap pengajuan perubahan Nama Siswa, Jika yang dirubah mengenai Nama Orang Tua silahkan ANda siapkan KK dan KTP Ortu untuk discan.
  • Setelah Scan berhasil pastikan data siswa di Aplikasi Dapodik benar-benar salah dan harus dirubah Namanya.
  • Setelah anda yakin dengan Nama yang salah silahkan anda login ke website http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ Masukkan Username dan Password Setelah itu silahkan tekan tombol LOGIN
  • Pastikan anda klik pada bagian Edit Data >> Pengajuan >> Silahkan anda klik sesuai data yang mau anda rubah, misal NISN silahkan klik NISN, jika Nama dan Tanggal Lahir silahkan anda Klik Nama dan Tanggal Lahir disini saya akan merubah nama dan tanggal lahir siswa.
  • Pilih Siswa

  • Silahkan anda geser kebawah sampai ketemu data siswa yang mau anda ubah datanya, setelah anda menemukan data siswa yang salah nama silahkan anda klik nama siswa, setelah itu anda klik OK.


  • Silahkan anda isi di dalam kotak yang diarahkan dengan panah.dibagian dokumen perubahan silahkan anda cari file yang anda scan tadi yaitu Ijazah. Ingat Format file yang didukung hanya PNG dan JPG saja, silahkan anda ubah foto sesuai dengan format. Setelah selesai semuanya silahkan anda klik bagian Pengajuan Perubahan. Jika sudah selesai silahkan anda tunggu 2-3hari pastinya data akan berubah.


Nah, setelah anda selesai memasukkan semua data tadi dan melakukan pengajuan dengan baik silahkan anda tunggu 2-3 hari kerja, karena biasanya terkadang lama untuk perubahan data dikarenakan banyaknya dan padatnya data yang masuk kedalam website server pusat, dan pusat melakukan perubahan secara manual satu persatu. Silahkan Sabar ya.. 

Sekian artikel saya mengenai perubahan data nama siswa, Nama Ibu Kandung siswa, Tanggal Lahir, dan NISN siswa, silahkan jika anda tidak mengetahui dan bingung mengikuti tutorial diatas, silahkan anda kontak saya, insyaAllah saya akan membantu semmapu yang saya bisa. Terima Kasih telah berkunjung di website pribadi saya, jika artikel ini penting silahkan dibantu untuk share karena masih banyak yang membutuhkan ilmu ini diluar sana, dan banyak para Operator baru yang belum paham dengan ini semua. salam Satu Data.

Sumber https://www.aplimuvie.com/

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Pengajuan Data Siswa Di Verval PD Terbaru 2018 Edit Nama , Tanggal Lahir, dan Ibu Kandung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel