Cara Cek dan Memperbaiki, Mengajukan NISN Salah Atau Tidak Terdeteksi

Cara Cek dan Memperbaiki NISN Salah Atau Tidak Terdeteksi - NISN merupakan Nomor Unik yang dikhususkan untuk siswa oleh sekolah. NISN sendiri diberikan atau dibuatkan untuk siswa mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Tujuan dari dibuatnya Nomor Unik Siswa Nasional ini untuk mendata seluruh siswa supaya tidak adanya pendoblean data antara si A dan si B. NISN bersifat permanen yang mana Nomor Unik ini tidak akan berubah mulai dari siswa dibuatkan Nomor ini sampai mereka ke Jenjang SMA/SMK.

Bulan November sudah pasti menjadi bulan tersibuk untuk Operator karena sebentar lagi akan ada Ujian Nasional siswa Tahun Ajaran 2018 / 2019. Operator sudah harus mengoreksi semua data siswanya supaya tidak salah dalam penginputan data yang akan di setor di pusat nantinya. NISN juga diperlukan di penginputan data siswa melalui PDUN dan BIOUN 2018/2019.

Banyak keluhan yang saya lihat di beberapa sosial media atau Aplikasi Whatsapp, Operator masih ada yang kesulitan dalam hal mengecek data siswa di website NISN, padahal di websitenya sudah jelas bagaimana cara untuk mengecek dan memperbaiki data siswa yang salah dalam hal NISN. Biasanya data siswa banyak yang Double entah kenapa bisa seperti itu, intinya data Double itu dikarenakan belum adanya aplikasi yang seperti Dapodik.

Tahun ini anda tidak perlu khawatir, karena aplikasi yang dibangun pemerintah bagian Direktorat pendidikan sudah menyiapkan banyak sekali website yang dikhususkan untuk menangani keluhan data mengenai Pendidikan. Diantaranya :
  • Dapodik ( Data Pokok Pendidikan )
  • PMP ( Penjaminan Mutu Pendidikan )
  • E-Raport
  • Verval Pd
  • Verval Sp
  • Verval PTK
  • NISN
  • dll.
Setiap aplikasi yang dibangun oleh pemerintah menurut saya bagus sekali, tetapi cacatnya dibagian perpecahan setiap website yang mana akan memberatkan pihak operator pemula karena tidak tau alamat website yang biasa digunakan. Jika pemerintah fokus dengan aplikasi dapodik yang digabungkan menjadi satu kesatuan dengan aplikasi yang lainnya pasti Operator lebih mudah dalam hal penginputan data.


CARA CEK NISN SISWA PAUD, SD, SMP, SMA, SMK

1. Kunjungi situs NISN di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/home

2. Setelah anda masuk ke website NISN silahkan anda klik Data Siswa dibawah ada menu pencarian melalui NISN dan Pencarian melalui nama siswa dan tanggal lahirnya. silahkan jika anda tidak tau NISN siswa silahkan menggunakan pencarian melalui Nama Siswa.


Setelah anda berhasil maka akan ada nama dan Nomor NISN siswa. Pastikan Nomor NISN sama dengan Ijazah. Jika Nomor NISN siswa tidak sama dengan yang di Ijazah silahkan anda ajukan dengan cara :


CARA MEMPERBAIKI ATAU MENGAJUKAN NISN SISWA YANG SALAH


2. Setelah website terbuka silahkan anda masuk dengan cara memasukkan Username dan Password Operator Dapodik anda, setelah itu anda bisa Login.

3. Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini

4. SIlahkan anda klik di menu >>Edit Data>>Pengajuan>>NISN

5. Pilih Siswa
 6. Silahkan klik siswa yang ingin dirubah datanya

7. NISN Baru silahkan anda klik Check NISN masukkan dokumen perubahan sepertiKArtu NISN Lama atau IJAzah.

Sekian artikel mengenai mengenai cara Cek NISN dan memperbaiki NISN siswa semoga bermanfaat. Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share ke semua Operator yang ada di Indonesia.

Sumber https://www.aplimuvie.com/

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek dan Memperbaiki, Mengajukan NISN Salah Atau Tidak Terdeteksi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel