Panduan VervalPD ( NISN ) Operator Wajib Cek Data NISN Siswa !!!

Panduan VervalPD Operator Wajib Cek Data NISN Siswa Panduan VervalPD ( NISN ) Operator Wajib Cek Data NISN Siswa !!!
Panduan VervalPd
Verval Peserta didik merupakan proses verifikasi dan validasi data peserta didik terkait NISN dan biodata lainnya. Mengingat NISN  sangat penting sekali bagi siswa untuk kelanjutannya di proses pendaftaran Perguruan Tinggi Negeri. Oleh karena itu menyingkronkan data siswa dengan NISN sangalah penting. Proses singkron data ini disebut VevrvalPD yaitu Verifikasi dan Validasi Peserta Didik.

Gambaran umum vervalPD adalah kita disuguhkan data NISN siswa yang statusnya  aktif di sekolah/madrasah kita. NISN tersebut berasal dari SD/MI yang telah diusulkan lebih awal oleh operator SD/MI. Tugas kita disini  meng-kroscek data NISN dengan Ijazah, apakah NISN yang ada di ijazah sama dengan yang ada di web VervalPD. Selain NISN juga terdapat Nama, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, dan Nama Ibu Kandung. Data tersebut harus valid atau harus sama dengan yang ada di ijazah. Kenapa ijazah ?  Karena NISN yang ada di ijazah tidak dapat dirubah sedikit tips saja berdasarkan pengalama kami. Kami lebih mengutamakan ijazah karena jika terjadi kesalahan Ijazah tidak dapat membuat ijazah sendiri.

VervalPD ini tidaklahh sulit namun kita dituntut untuk cermat dan teliti karena jika salah dalam melangkah tidak bisa di reset kembali, kalaupun bisa di reset kita harus datang ke Operator Kabupaten Dikpora bukan Oprator Kabupaten Kemenag. Menurut teman Operator tingkat MA/SMA, apabila ada siswa yang ketika mendaftar PTN namun NISN siswa tersebut tidak valid antara nama di Iajazah dengan Nama di NISN maka tidak bisa melanjutkan proses pendaftaran. bahkan bisa terjadi juga NISN tidak terdeteksi. Ini berdasarkan pengalaman nyata. Alhasil harus mengurus NISN ke dinas terkait. Maka sebelum memutakhirkan data, Lakukan dulu VervalPD ini agar tidak terjadi seperti pengalaman diatas.

Jangan khawatir dan jangan galau, pemerintah membuat program tentu membuat pula panduan atau tuorialnya. Sepertinya porses VervalPd Dinpora dengan Kemenag sama hanya saja linknya berbeda. VervalPd kemenag bisa diakses melalui link ini http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id/ 
Sedangkan VervalPd Dinpora melaui link http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/

Berikut adalah panduan VervalPd (NISN) :


Bisa juga anda download melalui link ini <<< Download>>>.

Tentu merasa tenang jika data kita aman dari kesalahan dan data kita valid. tidak menimbulkan masalah diakhir. maka dalam melakukan Verval PD ini kita harus cermat dan teliti jangan asala memencet tombol usulkan kembali dan Not Match jika menemukan Siswa yang tidak valid NISN nya. Sebelum melakukan hal itu, lakukanlah langkah pencarian berdasarkan 5 tahap yang sudah tersedia di menu VervalPD. Apabila sudah melakukan 5 langkah pencarian maka langkah terakhir adalah klik not match dan selanjutnya kita usulkan NISN baru. Begitulah pengalaman dari beberapa teman Operator.

Kira-kira cukup sampai disini pembahasan mengenai panduang VervalPd, semoga dapat membantu meringankan pekerjaan anda  Apabila terdapat salahkata dan  hal yang tidak berkenan kami mohon maaf dikarenakan pembahasan ini hanya sebegai pengingat dan berbagi pengalaman.  Terima Kasih.



Sumber https://www.emissimpatikazone.com/

Belum ada Komentar untuk "Panduan VervalPD ( NISN ) Operator Wajib Cek Data NISN Siswa !!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel