Contoh Penilaian Tematik

Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap sesuatu tugas yang harus diselesaikan dalam peroyek/waktu tertentu.
Penilaian pembelajaran kurikulum 2013 dengan model pembeljaran berbasis proyek harus dilakukan secara menyeluruh terhadap sikap, pengetahuan dan keterampilan yang di peroleh siswa dalam melaksanakan pembelajaran.

Berikut ini adalah petujuk lembar kerja analisis indikator, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian.



LK 2.2a BG

LEMBAR KERJA ANALISIS INDIKATOR, TUJUAN PEMBELAJARAN,
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN

PETUNJUK PENGISIAN  LK 2.2aANALISIS INDIKATOR

1.    Bukalah halaman pada buku guru yang memuat jaringan KD – Indikator Pembelajaran.
Halaman ini terdapat pada halaman berjudul Pembelajaran 1, Pembelajaran 2, dan seterusnya.
2.  Cermatilah kompetensi dasar yang terdapat pada buku guru. Salinlah kompetensi dasar setiap muatan pelajaran  pada lembar kerja kompentensi dasar
3.   Kompetensi dasar harus merupakan pasangan KD dari KI 3 dan KD dari KI 4. Ambillah kompetensi dasar hasil analisis dari LK 2.1 Analisis KD.
4.    Cermatilah indikator pada buku guru, salinlah pada indikator tersebut pada kolom Indikator pada Buku.
5.    Periksalah apakah perumusan indikator sudah sesuai dengan kompetensi dasar dan kaidah yang berlaku  pada perumusan indikator. Penjelasan kaidah perumusan indikator dapat dilihat pada handout.
6.    Tuliskan indikator hasil analisis pada kolom Indikator Hasil Analisis.
7. Kompetensi dasar yang belum terdapat pada buku guru, harus dirumuskan indikatornya. Tuliskan indikator tersebut pada kolom Indikator  Hasil Analisis.

ANALISIS INDIKATOR

KELAS
TEMA
SUBTEMA
PEMBELAJARAN
: .........................................
: .........................................
: .........................................
: .........................................
1.  ANALISIS INDIKATOR

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PADA BUKU
INDIKATOR HASIL ANALISIS





















LK 2.2b BG

PETUNJUK PENGISIAN LK 2.2b TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Bukalah halaman pada buku guru yang memuat Tujuan Pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran terdapat pada setiap judul Pembelajaran, misalnya Pembelajaran 1.
2.       Salinlah tujuan pembelajaran pada buku guru tersebut ke dalam tabel LK kolom Tujuan Pembelajaran pada Buku.
3.       Cermatilah tujuan pembelajaran pada buku tersebut. Sesuaikan dengan kaidah perumusan tujuan pembelajaran. Kaidah perumusan tujuan pembelajaran dapat dilihat pada handout.
4.       Tuliskan hasil analisis tujuan pembelajaran tersebut pada tabel LK kolom Tujuan pembelajaran hasil analisis.

2.       TUJUAN PEMBELAJARAN

KELAS
TEMA
SUBTEMA
PEMBELAJARAN
: .........................................
: .........................................
: .........................................
: .........................................
TUJUAN PEMBELAJARAN PADA BUKU
TUJUAN PEMBELAJARAN HASIL ANALISIS

Tujuan pembelajaran secara keseluruhan sudah ssesuai dengan materi ajar.
















Tujuan pembelajaran secara keseluruhan sudah sesuai ,dan mencakup materi ajar secara kontekstual kecuali tujuan pembelajaran nomor 3 (dengan memahami manfaat tata tertib,siswa dapat melaksanakan di lingkungan keluarga dengan tanggung jwab )tidak konteks materi pembelajaran.









LK 2.2c BG

PETUNJUK PENGISIAN LK 2.2c KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.       Bukalah halaman pada buku guru yang memuat kegiatan pembelajaran.
Halaman kegiatan pembelajaran tersebut terdapat pada setiap Pembelajaran.
2.       Cermatilah kegiatan pembelajaran yang terdapat pada buku guru.
3.       Salinlah kegiatan pembelajaran tersebut pada tabel LK 2.2.c pada kolom Kegiatan Pembelajaran pada Buku.
4.       Lakukan identifikasi penerapan pendekatan saintifik,penerapan model-model pembelajaran (Project Based Learning, Problem Based learning dan Discovery Learning), serta higher oreder thinking skills pada kegiatan pembelajaran tersebut. Tuliskan adaatau tidak pada kolom yang tersedia. Bila ada tuliskan contohnya pada kolom yang tersedia. Bila tidak ada tuliskan saran pada kolom yang tersedia dengan memerhatikan tujuan pembelajaran hasil analisis seperti tercantum pada tabel LK 2.2b


3.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
3.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
KELAS
TEMA
SUBTEMA
PEMBELAJARAN
: .........................................
: .........................................
: .........................................
: .........................................

Kegiatan Pembelajaran pada Buku
Kegiatan Pembelajaran dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik
Kegiatan Pembelajaran dengan Menerapkan Model-model Pembelajaran (Pjbl, PBl, DL)
Kegiatan Pembelajaran yang Memunculkan HOTS(Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi)
Keterangan dan Saran Kegiatan Pembelajaran
Ada
Tidak Ada
Ada
Tidak ada
Ada
Tidak ada
Mengukur dengan satuan baku
v

v

v

Sudah memakai saintifik karena dalam mengukur sudah pasti ada sikap pengetahuan dan ketrampilan ,tanpa adanya ketrampilan maka tidk bisa mengukur dengan baik. 













LK
2.2d BG
PETUNJUK PENGISIAN LK 2.3. d PENILAIAN  
              
1.       Bukalah halaman pada buku guru yang memuat tentang penilaian.
Penilaian terdapat pada setiap judul pembelajaran, misalnya Pembelajaran 1, Pembelajaran 2, danseterusnya.
2.      Cermatilah penilaian yang ada pada buku, sesuaikan dengan tujuan pembelajaran hasil  analisis pada LK 3.2.b.
3.       Tandailah dengan check list (V) pada kolom sesuai atau tidak sesuai.
4.     Penilaian sikap dapat dilihat kesesuainnya dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Sikap yang dikembangkan tercantum  pada degree tujuan pembelajaran, misalnya percaya diri, teliti, dan santun.
5.    Penilaian keterampilan dapat dilihat kesesuaiannya dengan indikator  yang dirumuskan dari KD yang berasal dari KI 4. Misalnya, apakah akan dinilai unjuk kerja atau unjuk produk.
6.   Penilaian pengetahuan dapat dilihat kesesuaiannya dengan indikator yang dirumuskan dari KD yang berasal dari KI 3. Misalnya, tes pengetahuan yang terdapat pada buku siswa, yang terdiri atas tes tertulis atau tes lisan.
7.   Analisis penilaian pada buku siswa dan buku guru difokuskan pada kesesuaian dengan indikator yang dirumuskan. Cara pembuatan  instrumen penilaian secara lengkap dapat dilihat pada Materi Pelatihan 4 tentang Penilaian


4. PENILAIAN
KELAS
TEMA
SUBTEMA
PEMBELAJARAN
: .........................................
: .........................................
: .........................................
: .........................................
Penilaian
Sesuai
Tidak Sesuai
Keterangan
Saran
  Sikap


v





Dari pembelajaran yang di berikan tercermin sikap cermat,percaya diri dan tanggung jawab.

Pengetahuan


v






Tidak sesuai karna perlu di tambah sikap teliti.

Ketrampilan









Penilaian lembar kerja dilakukan adannya pemberian rangsangan berupa masalah-masalah yang kemudian dilakukan pemecahan masalah oleh peserta didik yang diharapkan menambah keterampilan peserta didik dalam mencapai materi pembelajaran.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Penilaian Tematik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel