Pengenalan Air Dalam Olahraga Renang - Teknik Dasar Pemula

Pengenalan Air Dalam Olahraga Renang Sebelum memulai pelajaran gaya-gaya renang, hendaknya kita lebih dahulu memahmi bentuk-bentuk pengenalan air. Hal ini sangat diperlukan terutama bagi mereka yang kurang berani msuk air atau anak-anak yang berumur dibawah 10 tahun. Dari pengalaman telah membutikan bahwa cara ini ternyata dapat menolong yang mempelajarirenang perlombaan untuk dapat lebih menguasai gerakkan-gerakkan dasar.

Untuk pengenalan air pertama-tama pelaku memegang air diatas kolam, kemudian masuklah kedalam kolam dengan perlahan pada kolam yang dangkal. Guru atau pengajar bisa membuat permainan air untuk menciptakan suasana gembira, atau juga bisa sambil berjalan-jalan didalam kolam.


Bagi mereka yang awam, untuk mengambil udara diatas permukaan air dan kemudian masuk permukaan air dengan pembuangan sisa-sisa pembakaran melalui mulut dan hidung memang tidak mudah. Terutama kebiasaan kita sehari-hari sangat mempengaruhi hal itu. Namun bila kita berikan latihan yang teratur, dalam tempo yang relatif tidak lama hal semacam itu mudah untuk dikuasai dengan baik.

Beberapa bentuk pernafasan dapat diberikan sebagai berikut :
  1. Sebelum masuk air, cobalah di darat dengan melatih nafas melalui mulut dengan mengeluarkan sisa pembakaran melalui hidung, hingga irama ini bisa dikerjakan secara otomatis.
  2. Kemudian dilakuakn dikolam dangkal atau kolam renang yang memungkinakan seseorang dapat berdiri. Ambilah udara melalui mulut kemudian tutup mulut dan masukkan bagian muka kepermukaan air, setelah beberapa saat secara perlahan buanglah sisi pembakaran itu melalui hidung dan kerjakan secara berulang-ulang.
  3. Latih pernafasan ini dapat ditingkkatkan dengan memeprlama waktu ketika bagian muka berada dibawah permukaan air, setelah jarak waktu ditempuh lanjutkan dengan membuang sisa pembakaran secara perlahan sebelum naik ke atas permukaan air.
  4. Cara yang sama dapat dikerjakan dengan menggunakan papan latihan, dimana dengan sikap membungkuk dan kedua kaki tetap pada sikap berjalan didasar kolam, kemudian kedua tangan memegang papan latihan dikedua ujungnya. lakukan cara-cara seperti diatas sambil berjalan atau tetap diam ditempat.
Demikian Pengenalan Air Dalam Olahraga Renang, semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Pengenalan Air Dalam Olahraga Renang - Teknik Dasar Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel