RPP Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 dan 1 K13 Revisi 2018

RPP Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 dan 1 K13 Revisi 2018 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan guru di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.

RPP Matematika Kelas 8 Kurikulum 2013 revisi terbaru wajib dibuat oleh guru karena dengan RPP kita dapat dengan mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Berbicara RPP, pada postingan ini saya akan berbagi RPP Matematika Kelas 8 jenjang SMP/MTs Semester 2 dan semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang bisa anda unduh secara gratis. Adapun contoh RPP Matematika Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 sebagai berikut;

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                : SMP
Mata Pelajaran                    : Matematika
Kelas/Semester                    : VIII /Ganjil
Materi Pokok                       : Pola Bilangan
Alokasi Waktu                     : 5 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin,santun,percaya diri,peduli, danbertanggung jawabdalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan,teknologi,seni,budayadengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4:Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secarakreatif, produktif,kritis,mandiri,kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.      Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1       Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
·       Mengidentifikasi pengertian pola bilangan
·       Mengidentifikasi pengertian pola konfigurasi objek
·       Menjelaskan salah satu konteks yang terkait dengan pola bilangan
·       Menjelaskan salah satu konfigurasi objek yang terkait dengan
·       Mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan
·       Memahami cara memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan
·       Menjelaskan keterkaitan antar suku-suku pola bilangan atau bentuk-bentuk pada konfigurasi objek
4.1       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
·       Mengenal pola bilangan, barisan dan pola umumnya untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru.
·      Melakukan eksperimen untuk menggeneralisasi pola bilangan atau konfigurasi objek
·       Menyajikan hasil pembelajaran tentang pola bilangan

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
·         Mengidentifikasi pengertian pola bilangan
·         Mengidentifikasi pengertian pola konfigurasi objek
·         Menjelaskan salah satu konteks yang terkait dengan pola bilangan
·         Menjelaskan salah satu konfigurasi objek yang terkait dengan
·         Mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan
·         Memahami cara memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan
·         Menjelaskan keterkaitan antar suku-suku pola bilangan atau bentuk-bentuk pada konfigurasi objek
·         Mengenal pola bilangan, barisan dan pola umumnya untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru.
·         Melakukan eksperimen untuk menggeneralisasi pola bilangan atau konfigurasi objek
·         Menyajikan hasil pembelajaran tentang pola bilangan

D.      Materi Pembelajaran
Pola Bilangan
·         Pola bilangan
·         Pola konfigurasi objek

E.      Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan          :  Saintifik
2.       Model                    :  Discovery Based Learning
3.       Metode                 :  Demonstrasi

F.       Media Pembelajaran
  1. Laptop
  2. LCD
  3. Power Point
  4. Internet

G.      Sumber Belajar
1. As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2017). Matematika Jilid I untuk SMP Kelas VIII. Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Internet

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Pertama(2 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 50 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pola Bilangan Ganjildengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Pola Bilangan Ganjil.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Pola Bilangan Ganjiluntuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Pola Bilangan Ganjil.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pola Bilangan Ganjil.
v Mendengar
Pemberian materi Pola Bilangan Ganjiloleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Pola Bilangan Ganjilyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pola Bilangan Ganjilyang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pola Bilangan Ganjilyang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pola Bilangan Ganjilyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Pola Bilangan Ganjil.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Pola Bilangan Ganjilyang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diriPola Bilangan Ganjilsesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
v Mengolahinformasi dari materi Pola Bilangan Ganjilyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pola Bilangan Ganjil.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Pola Bilangan Ganjilberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pola Bilangan Ganjildan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Pola Bilangan Ganjilyang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
v Menjawab pertanyaan tentang materi Pola Bilangan Ganjilyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pola Bilangan Ganjilyang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pola Bilangan Ganjilyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Pola Bilangan Ganjilberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pola Bilangan Ganjilyang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjilyang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjil.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pola Bilangan Ganjil.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjilkepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

Bapak/ ibu guru sahabat BelajarMadrasah.com yang berbahagia, perlu bapak dan ibu ketahui bersama bahwa, RPP Matematika kelas 8 K13 Revisi 2018 ini sebenarnya RPP Matematika kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017, yang bisa bapak dan ibu guru gunakan sebagai bahan referensi dalam pembuatan RPP kelas 8 tahun pelajaran 2018/2019.

Selengkapnya, bagi bapak dan ibu guru yang ingin mengunduh RPP Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 dan 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 melaui tautan dibawah ini;

Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV).docx, Unduh
Pola Bilangan.docx, Unduh
Bidang Cartesius.docx, Unduh
Relasi dan Fungsi.docx, Unduh
Persamaan Garis Lurus.docx, Unduh
Teorema Pythagoras.docx, Unduh
Lingkaran.docx, Unduh
Bangun Ruang Sisi Datar.doc, Unduh
Statistik.docx, Unduh
Peluang.docx, Unduh

Demikian RPP Matematika Kelas 8 jenjang SMP/MTs Semester 2 dan semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "RPP Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 dan 1 K13 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel